BANYUMAS –  Laras Putra Patriot (Lappot) Purwokerto Selatan keluar sebagai juara Festival Kenthongan Banyumas 2024 yang digelar pada Jumat (6/9/2024) malam hingga Sabtu (7/9/2024) dini hari WIB. Tampil dengan nomor undi 20, Lappot Purwokerto selatan mengungguli Grup Prasetya Waringin Patikraja (no. 24) di tempat kedua dan Laras Tletik Pekuncen (no. 2) di posisi ketiga.

Sementara, juara harapan 1 diraih oleh grup Panji Areksa Ajibarang (no. 5), juara harapan 2 Sanggar Garuda Mas Rawalo (no. 12). Adapun juara harapan 3 diraih oleh Grup Deling Kembar Budoyo Kecamatan Kembaran (no. 22).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Setia Rahendra mengatakan, 27 grup kentongan terbaik se-Banyumas telah tampil maksimal menghibur masyarakat yang setiap tahunya selalu menunggu musik khas Banyumas ini. Para peserta dinilai oleh 3 tim juri yang terdiri dari Setejo, Rustam Aji, dan Kalinga DC, S.Sn yang menetapkan para juara pada parade ini.

“Para juara mendapatkan hadiah yaitu untuk juara 1 nantinya Rp 6,5 juta, juara 2 Rp 5,5 juta dan juara 3 Rp 5 juta. Sedangkan untuk harapan 1 mendapat Rp 4,5 juta, harapan 2 Rp 4 juta dan harapan 3 mendapat Rp 3,5 juta. Semua pemenang juga mendapat piala,” Rahendra.

Festival musik tradisional berupa Festival Kenthongan Banyumas 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinporabudpar, mengambil start dari Alun-Alun Purwokerto menyusuri jalan Jenderal Soedirman dan finis di Perempatan Pasar Wage Purwokerto, berhasil memukau ribuan warga Kota Purwokerto serta warga Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, yang setia menunggu hingga dini hari sampai tampilnya peserta terakhir.

Pada festival ini juga ada grup ekshibisi dengan Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro tampil sebagai Mayoret. Grup binaan Dinporabudpar ini mengawali sebelum peserta lomba tampil di hadapan juri.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo