KARANGANYAR – Jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional Solo-Jogja terus mengalami peningkatan hingga H-3 lebaran.

Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy menyampaikan, arus lalu lintas memang terus mengalami peningkatan dari hari ke hari selama momen mudik lebaran. Kendati demikian belum ada peningkatan arus lalu lintas yang mengharuskan kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas di jalur arteri maupun exit tol.

“Sejauh ini (arus lalu lintas) yang cukup signifikan itu di Tol Colomadu (Ngasem), yang mana ada tol fungsional (Solo-Jogja), entry point masuk wilayah Karanganyar. Tol fungsional sudah beroperasi dua hari. Berdasarkan traffic accounting ada 5.000-an kendaraan kemarin, kemudian setelahnya ada 7.000-an,” katanya kepada Tribunjateng.com, Minggu (7/4/2024).

Dia menuturkan, tol fungsional beroperasi hanya mulai pukul 06.00 hingga 17.00 dikarenakan faktor penerangan yang tidak memungkinakn dibuka hingga malam hari. Lanjutnya, kendaraan dari wilayah Colomadu yang hendak masuk Tol Solo-Ngawi akan diarahkan masuk melalui Banyudono Kabupaten Boyolali ketika tol fungsional masih beroperasi.

Apabila ada kepadatan di tol fungsional, terang Kapolres Karanganyar, telah disiapkan penanganan mulai dari pengalihan arus di entry tol fungsional hingga penutupan sementara Exit Tol Colomadu hingga kondisi normal.

“Pengalihan arus melalui jalur arteri lewa Kartasura atau penutupan Exit Tol Colomadu dan kendaraan diarahkan keluar menuju ke tol bandara sampai kondisi normal,” terangnya.

sumber : TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono