Banyumas –  Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas berupaya keras meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini berbagai jenis kanker. Terutama karena perilaku masyarakat yang cenderung abai terhadap kesehatan jika belum merasakan gejala.

Supriantin, Penanggung Jawab Program Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, memberikan klarifikasi. Ia menegaskan bahwa pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat turut berkontribusi pada tingginya risiko kanker.

“Sebetulnya semua jenis kanker bisa kita deteksi lebih dini, hanya saja masyarakat kita abai jika belum merasakan sakit,” katanya saat diwawancarai RRI, Selasa (24/9/024).

Supriatin mengatakan program deteksi dini kanker dilaksanakan melalui kerjasama dengan puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Kabupaten Banyumas. Di mana setiap fasilitas kesehatan tersebut secara aktif melakukan skrining kanker.

Upaya ini juga menurutnya mencakup semua jenis kanker. Tentunya, dengan harapan dapat mendeteksi penyakit di tahap awal dan memberikan penanganan yang lebih efektif.

“Kami menggandeng puskesmas dan FKTP untuk menjalankan deteksi dini semua jenis kanker,” kata Supriantin.

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan adalah rendahnya kesadaran dan minat masyarakat untuk melakukan deteksi dini, meskipun sudah ada pengetahuan mengenai pentingnya hal tersebut. Edukasi dan sosialisasi yang terus dilakukan hingga ke tingkat terkecil masyarakat diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemeriksaan kesehatan rutin.

Supriantin berharap masyarakat Banyumas akan lebih peduli dan proaktif dalam menjaga kesehatannya. Melalui pemeriksaan dini secara rutin, baik di fasilitas kesehatan swasta maupun pemerintah, yang semuanya peduli terhadap kesehatan publik.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, ia optimis angka penderita kanker dapat ditekan dan kualitas hidup masyarakat dapat ditingkatkan. “Kami berharap masyarakat semakin peduli dan mau melakukan deteksi dini secara rutin,” ujarnya.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo