Banyuwangi – Ketersediaan hewan kurban di Banyuwangi berlimpah. Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024, Pemkab Banyuwangi mencatat, jumlah populasi sapi di Banyuwangi mencapai 116.784 ekor, kambing mencapai 126.671 ekor dan domba 143.328 ekor.

Sementara itu, berdasarkan catatan pada 2023, kebutuhan hewan kurban untuk sapi 3.127 ekor, kambing 12.630 ekor, dan domba 6.226 ekor. Jumlah ini jauh lebih rendah dibanding jumlah populasi yang ada.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi drh Nanang Sugiharto mengatakan, surplus hewan ternak sudah menjadi hal normal di Banyuwangi. Lantaran, Banyuwangi kerap mensuplai kebutuhan sejumlah daerah di Jawa Timur.

“Dengan populasi ternak di Banyuwangi ini tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan lokal, namun juga mampu menyuplai kebutuhan hewan kurban di luar daerah,” kata Nanang Selasa (4/6/2024).

Dispertan kerap mengeluarkan izin pengiriman hewan ternak ke luar daerah. Hal tersebut menjadi tolok ukur bahwa populasi yang berlimpah tersebut, bukan hanya untuk kebutuhan internal daerah.

“Ini menunjukkan bahwa ketersediaan ternak Banyuwangi cukup sekali. Bahkan tidak sedikit pedagang yang mengirimkan ternaknya ke Surabaya, Jawa Tengah, ada juga Jakarta,” tambah Nanang.

Sejumlah langkah preventif telah dilakukan untuk memastikan hewan ternak aman dan terlindungi kesehatannya.

“Kami melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memastikan bahwa hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan layak,” tegasnya.

sumber: detikjatim

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan, Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi