Berita

Kisah Dusun Jemblung Banjarnegara yang Nyaris Hilang Ditelan Longsor

Banjarnegara – Bencana tanah longsor menewaskan lebih dari 100 orang terjadi di Banjarnegara pada 2014 silam. Material tanah longsor bahkan nyaris mengubur satu dusun yang ada di Banjarnegara.
Tanah longsor tersebut terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara. Kala itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mencatat ada 125 orang yang tewas akibat bencana itu.

“Jumlah total korban jiwa pada saat bencana tanah longsor di Dusun Jemblung pada 2014 lalu sebanyak 125 orang, dan yang berhasil ditemukan 102 orang. Jadi masih ada 23 orang yang hilang,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo kepada detikJateng, Rabu (5/10/2022).

Material tanah longsor saat itu mengubur sebagian besar rumah warga di Dusun Jemblung. Longsor kala itu hanya menyisakan beberapa rumah warga Dusun Jemblung yang berada di seberang jalan.

“Sebagian besar warga tinggal di sisi selatan, dan di lokasi itu hanya ada satu rumah yang tidak terkena material tanah longsor, selain itu rata dengan tanah. Jumlah keseluruhan yang terkena longsor ada 49 rumah dan yang tidak kena 12 rumah,” sebutnya.

Andri menyampaikan warga yang sebelumnya tinggal di sekitar lokasi saat ini sudah menempati hunian tetap (huntap) di Desa Bandingan Kecamatan Karangkobar.

“Untuk di sekitar lokasi dilarang untuk didirikan tempat tinggal. Warga yang tinggal di sekitar lokasi direlokasi ke huntap di Desa Bandingan,” jelasnya.

Related Posts

1 of 1,623