Semarang – Bukan hanya KPK yang sedang menangani kasus dugaan korupsi di Pemkot Semarang. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah saat ini juga sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang.

Adapun Polda Jateng siap berkoordinasi jika kasus yang sedang diselidikinya ternyata sama dengan kasus yang sedang ditangani oleh KPK.

Untuk diketahui, kasus yang ditangani Polda Jateng itu berawal dari temuan laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022.

Materinya terkait pengadaan solar yang digunakan untuk truk pengangkut sampah, di mana tata kelolanya diduga bermasalah. Perkara itu juga menyangkut anggaran tahun 2023 soal jasa pengambilan sampah dan jasa penyapu jalan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, Kombes Dwi Subagio membenarkan hal itu.

“Sampai saat ini masih penyelidikan,” kata Dwi di kantornya, Kamis (18/7/2024).

Saat ditanya apakah kasus yang ditanganinya berkaitan dengan kegiatan KPK yang tengah mengusut kasus dugaan korupsi di Pemkot Semarang, Dwi mengatakan hingga kini belum ada infromasi keterkaitan. Meski demikian, Dwi akan berkoordinasi dengan KPK mengenai itu.

“Kalau ternyata masuk juga (materinya) ke ranah penyidikannya KPK, maka kami limpahkan ke KPK. Kami punya MoU dengan KPK seperti itu,” ujar Dwi.

Diberitakan sebelumnya, setelah menggeledah kantor dan rumah pribadi Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada Rabu (17/7) kemarin, KPK hari ini mendatangi sejumlah kantor dinas di Kota Semarang. Di antaranya kantor Dinsos, Bappeda, Diskominfo, dan Disperkim.

Pantauan detikJateng, Kamis (18/7), KPK juga mengumpulkan sejumlah pejabat dinas di Gedung Moch Ihsan lantai 8. Saat KPK hendak meninggalkan Balai Kota, terlihat Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Diah Suparningtias ikut masuk ke mobil petugas KPK. Belum diketahui untuk kepentingan apa dia ikut petugas KPK.

sumber:  detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Arnanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia