SEMARANG – Si jago merah melalap Gedung Indosat Ooredoo Hutchison, Ngesrep, Banyumanik, Semarang. Kebakaran itu diduga berdampak gangguan sinyal Indosat.
Kebakaran disebut terjadi di ruangan baterai yang berada di belakang area gedung. Meski begitu, asap memasuki hampir seluruh gedung tersebut.

Komandan Pleton Damkar Kota Semarang Andi Waskito menyebut kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB Senin (1/1/2024). Dengan tiga armada, api berhasil dipadamkan pukul 11.00 WIB.

“Api sudah padam, kebakaran terjadi di ruangan baterai,” ujarnya saat di lokasi.

Dia menduga api muncul dari korsleting listrik. Hingga saat ini pihaknya masih menghitung kerugian untuk kebakaran ini.

“Kalau baterai ya identik dengan korsleting ya,” katanya.

Keluhan Gangguan Sinyal Sempat Muncul
Hilangnya sinyal itu sempat membuat heboh dunia maya, di mana mereka mengeluhkan tanda silang pada ponsel mereka yang merujuk pada tanda sinyal seluler. Salah satu pengguna kartu IM3 dan Tri, Kusuma sempat panik karena sudah berusaha mematikan ulang ponsel dan hasilnya sama saja.

“Sudah di-restart handphonenya, kartu saya keluarkan saya bersihkan tetap nggak bisa. Saya lihat di Twitter ternyata banyak yang mengalami hal serupa,” kata Kusuma kepada detikJateng di Semarang, Senin (1/1).

Tanggapan Indosat

Indosat Ooredoo Hutchison meminta maaf terkait gangguan sinyal yang sempat terjadi dari pukul 09.45 WIB. Gangguan tersebut memang diakibatkan oleh kebakaran di gedung pemancar Semarang.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan per pukul 11.50 WIB sinyal IM3 dan Tri yang sempat gangguan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai pulih di beberapa wilayah.

“Kami informasikan bahwa per pukul 11.50 WIB siang ini layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sudah kembali normal. Kendala jaringan sempat terjadi sejak pukul 09.45 WIB pagi ini yang dialami oleh sebagian pelanggan IM3 dan Tri di wilayah di atas,” kata Steve lewat keterangannya, Senin (1/1).

“Kami mengimbau kepada pelanggan yang masih mengalami kendala untuk mencoba kembali secara berkala, dan segera menghubungi pusat pelayanan pelanggan IM3 dan Tri jika kendala masih terjadi,” imbuhnya.

Steve menjelaskan gangguan jaringan itu akibat kebakaran gedung perangkat di Gombel, Kota Semarang. Saat kejadian, pihak perusahaan langsung melakukan penanganan untuk memastikan keamanan personel.

“Kendala jaringan disebabkan oleh kejadian kebakaran di gedung perangkat Semarang, yang langsung ditindaklanjuti dengan tindakan pencegahan dan penanganan untuk memastikan keamanan perangkat dan personel yang bertugas,” jelasnya.

Ia menegaskan identifikasi mendalam masih dilakukan untuk mengetahui pasti penyebab gangguan sinyal akibat kebakaran tersebut.

“Kami memohon maaf atas dampak kendala jaringan yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hari ini. Kami terus melakukan koordinasi secara intensif untuk mengidentifikasi penyebab insiden dan langkah pencegahan ke depannya,” tegasnya.

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng