PURBALINGGA – Sebuah kecelakaan tunggal melibatkan truk boks terjadi di jalan raya Dusun Bayeman, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, pada hari Sabtu (27/1/2024) siang.

Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Purbalingga, Iptu Arif Trianto, kecelakaan tersebut disebabkan oleh rem blong pada truk boks Hino dengan nomor polisi L-8941-UUD. Insiden terjadi sekitar pukul 11.00 WIB di jalan raya Desa Tlahab Lor.

Truk tersebut sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Purwokerto, membawa muatan stik es krim. Kendaraan yang dikemudikan oleh CAK (30) dengan kernet BPS (26), keduanya merupakan warga Kecamatan Pabeancantikan, Surabaya, Jawa Timur.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Sopir dan kernetnya selamat, meskipun truk mengalami kerusakan. Hal ini disampaikan oleh Iptu Arif Trianto kepada Tribunbanyumas.com.

Pengemudi menjelaskan bahwa sebelum terguling, truk mengalami rem blong. Sopir kesulitan mengendalikan kendaraan, sehingga truk keluar jalur, menabrak pondasi rumah warga, dan akhirnya terguling di kebun.

“Dugaan sementara adalah sopir kurang menguasai jalur karena baru pertama kali lewat jalan tersebut. Saat melaju di lokasi, truk tetap menggunakan gigi 3, kemudian rem blong sehingga laju kendaraan tidak terkendali,” terangnya.

Meskipun pengemudi dan kernetnya selamat, truk mengalami kerusakan cukup parah. Kendaraan tersebut kemudian dievakuasi dari lokasi kejadian bersama warga, menggunakan kendaraan derek.

Kanit Gakkum juga menambahkan imbauan kepada pengendara, khususnya kendaraan besar, agar selalu berhati-hati saat melintas di Jalur Bayeman, Karangreja, Purbalingga. Jalur tersebut memiliki banyak tanjakan, turunan, dan tikungan tajam yang rentan terhadap kecelakaan.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, #KerenTanpaKnalpotBrong, #JatengBebasKnalpotBrong, #StopKnalpotBrong