HUMBAHAS-Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH monitoring langsung proses rapat pleno terbuka, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilu 2024 di tingkat Kecamatan atau PPK di Wilayah Kabupaten Humbahas untuk menjamin keamanan dan memastikan tahapan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Humbahas berjalan aman dan lancar, Senin (19/02/24).

Dalam kegiatan monitoring tersebut Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH didampingi oleh Waka Polres Humbahas Kompol Muslim Amin dan Kasat Intelkam AKP Abner Lubis sekaligus mengecek para personel yang melaksanakan pengamanan pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK Kecamatan.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH menjelaskan bahwa monitoring dan pengecekan ini untuk memastikan keamanan serta kesiapsiagaan personel dalam mengamankan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK agar berjalan dengan aman dan lancar.

Untuk menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

“Apabila ada kejadian menonjol atau tidak biasa, langsung segera dilaporkan. Jangan sampai lengah apalagi kebobolan. Kita tidak mau hal itu terjadi. Bagaimanapun, pelaporan terkait hal ini sangat penting dan berpengaruh sekecil apapun itu,” katanya.

Untuk Wilayah Kabupaten Humbahas memiliki 153 Desa, 1 Kelurahan dan 10 Kecamatan serta memiliki 680 jumlah TPS di masing-masing tingkat PPK, adapun jumlah kotak suara pada 680 TPS tersebut yaitu sebanyak 3.400 kotak suara dan 20 kotak cadangan kotak suara sehingga dalam proses rekapitulasi cukup memakan waktu dengan Estimasi waktu perkiraan selama 4 sampai hari dengan catatan tergantung banyaknya Desa/Kelurahan di dalam Kecamatan tersebut.

“Guna memastikan keamanan proses rekapitulasi, kami akan kawal terus tahap demi tahap, dengan harapan pleno bisa berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan,” ujar AKBP Hary.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Humbahas serentak dilaksanakan mulai hari ini, pihaknya menyatakan akan terus mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian Pemilu 2024, guna memastikan kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Harapan kami, proses Rekapitulasi penghitungan suara di seluruh tingkat Kecamatan, khususnya di wilayah Kabupaten Humbahas ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif hingga selesai pelaksanaan,” pungkasnya.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu