Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita Indepth Wawancara

Latja Taruna Akpol Dibekali Materi Tupoksi Satpolairud

Batang– Personel kepolisian dari Satpolairud Polres Batang memberikan pembekalan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dan Alat Khusus (Alsus) fungsi teknis Polairud kepada 13 Taruna Akpol Tingkat IV Batalyon Promoter yang melaksanakan Latihan Kerja di Polres Batang.

Kasatpolairud Polres Batang AKP Sukamto mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan khususnya fungsi kepolisian perairan bagi para Taruna dan Taruni sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan nantinya.

“Kedepannya para taruna Akpol ini akan menjadi pimpinan Polri dimanapun mereka bertugas, jadi mereka dibekali pelatihan selama melaksanakan Latja,” kata Kasatpolairud AKP Sukamto saat ditemui pada Minggu (13/11/2022).

Ia menjelaskan, Satpolair bertugas menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan, yang meliputi patroli perairan, penegakan hukum diperairan, pembinaan masyarakat pantai dan perairan lainnya, serta pencarian dan penyelamatan kecelakaan di perairan (SAR) serta fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal.

“Latihan kali ini, para Taruna Akpol dikenalkan alat bantu pelampung model terbaru bernama U-safe dan alat selam serta penggunaan perahu karet dan kapal patroli,” jelasnya.

Nampak Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto didampingi Wakapolres Kompol Gali Atmajaya memantau langsung selama pelaksanaan pelatihan di objek wisata Pantai Safari Beach Batang.