JEPARA – Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar lomba burung berkicau di halaman Mapolres setempat, Minggu (21/7/2024).

Selain untuk menjaga populasi burung, lomba yang memperebutkan piala Kapolres Jepara Cup 2024 itu dimaksudkan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Lomba yang dibuka langsung Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili oleh Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra diikuti oleh 600 peserta.

Tidak hanya dari komunitas Jepara, ternyata banyak para peserta luar kota yang mengikuti lomba burung berkicau ini, mulai dari Pati Raya, Demak, Kendal, Semarang hingga Salatiga.

Wakapolres Jepara mengatakan, kegiatan lomba ini masih dalam rangkaiaan peringatan Hari Bhayangkara ke-78. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan lomba tersebut.

“Terima kasih juga kepada para peserta lomba baik dari dalam maupun luar Kabupaten Jepara yang telah berpartisipasi dalam lomba ini. Selamat bertanding dan jaga sportivitas,” ujar Kompol Indra.

Lebih lanjut, dia menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan hubungan Polri dengan masyarakat khususnya komunitas burung kicau di wilayah Kabupaten Jepara.

Selain itu, juga sebagai ajang silaturahmi antara pecinta burung sekaligus mengangkat perekonomian bagi masyarakat kecil dan meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Jepara.

“Lomba ini juga sebagai upaya meminimalisir kegiatan anak muda yang suka balap liar dan juga sebagai cooling system pasca Pemilu dan menjelang Pilkada Serentak 2024 serta membangun kemitraan yang solid antara Polri dan masyarakat,” ucapnya.

“Melalui kegiatan lomba ini pula diharapkan dapat mengangkat perekonomian bagi masyarakat kecil dan meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Jepara,” tuturnya.

Hal ini juga sejalan dengan arahan dari Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi agar setiap kegiatan event mengangkat perekonomian bagi masyarakat kecil dan meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Jepara.

“Disamping itu, juga memberikan semangat khususnya bagi para peternak burung kicau agar bisa lebih berkembang, maka kita menggelar lomba burung berkicau Piala Kapolres Jepara 2024,” jelas Kompol Indra.

Diungkapkan, lanjut dia, kemeriahan sangat terasa saat burung menghasilkan suara yang merdu dibarengi dengan riuh para peserta dan penonton yang berjumlah sekira 1000 orang.

Meski terik sinar matahari yang menyengat, kicauan riuh burung yang bergelantungan di dalam sangkar, menjadikan peserta maupun para suporter yang mendukung, tetap bersemangat.

sumber: TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia