Banyuwangi – Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi menggelar Lomba Perahu Layar Tradisional, di Pantai Waru Jajar Lingkungan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (3/8/2024). Acara ini untuk memeriahkan HUT Ke-53 Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, sekaligus upaya melestarikan tradisi dan budaya masyarakat pesisir.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan, Lomba perahu layar bukan hanya kompetisi, melainkan simbol kekuatan, keindahan, dan keterampilan para pelaut kita. Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan, khususnya generasi muda, terhadap laut dan budaya maritim.

“Dengan kecintaan masyarakat terhadap dunia martim, mereka bisa dapat memanfaatkan laut secara bijak, sehingga bisa menangkap ikan dengan ramah lingkungan,” ujar Danlanal Hafidz, Sabtu (3/8/2024).

Lomba perahu layar yang mengarungi selat Bali dengan jarak 8,5 mil itu diikuti oleh 54 peserta. Peserta yang sampai terlebih dahulu saat mengarungi selat Bali dari Pantai Waru Jajar Banyuwangi, menuju Perairan Gilimanuk, dan kembali ke finish di Pantai Waru Jajar Banyuwangi, akan menjadi pemenang.

“Peserta harus mengarungi selat Bali sekitar 8,5 Mil, dan untuk memastikan keselamatan peserta, kami sudah menyiapkan Tim SAR lengkap dengan RHIB, RBB, dan Sea Rider,” jelas Letkol Hafidz.

Selama lomba berlangsung Lanal Banyuwangi menyelenggarakan bakti kesehatan berupa pelayanan cek up gratis oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanal Banyuwangi. Lanal juga menyelenggarakan bakti sosial berupa pemberian sembako kepada peserta lomba dan makan siang bersama nelayan, serta memberikan makan gratis kepada masyarakat sekitar.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono