November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Longsor Tutup Sebagian Jalan Lingkar Salatiga

SalatigaHujan deras dengan intensitas waktu sangat lama yang mengguyur Kota Salatiga di Provinsi Jawa Tengah pada Senin (7/11/2022) tengah malam membuat tanah yang berada di perbukitan Salib Putih mengalami longsor. Material longsor berupa tanah dan batu itu menutupi sebagian jalan di jalur lingkar Salatiga, yang merupakan jalur Semarang-Solo.

Petugas dengan peralatan seadanya mencoba menyingkirkan material tanah dan batu sambil menunggu bantuan dari tim SAR.

“Untuk sementara kami pakai alat seadanya saja dulu seperti canggul, supaya tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas,” jelas Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho.

AKP Betty Nugroho juga menjelaskan untuk mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar, sejumlah personel diturunkan. Para pengendara yang melintas diminta untuk mengurangi laju kecepatannya. “Ada sebagian jalan yang kami tutup, karena memang ada material tanah sehingga membahayakan bagi pengendara yang melintas. Para pengendara kami minta untuk hati-hati dengan mengurangi laju kecepatannya. Sebagian kendaraan juga kami alihkan ke jalur lain supaya tak terjadi penumpukan kendaraan” terang AKP Betty Nugroho

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tanah longsor ini terjadi karena Salatiga sejak siang hingga tengah malam diguyur hujan terus menerus,” ucap Kasat Lantas.

Kasat Lantas Polres Salatiga menghimbau warga yang sedang berkendara agar selalu berhati-hati. Mengingat, saat ini cuaca tak menentu dan sering terjadi hujan deras.

“Kondisi struktur tanah dan angin kencang dapat menyebabkan bencana yang terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu perlu kewaspadaan ekstra dan selalu berhati-hati,” tutup AKP Betty.