Semarang Kemacetan parah terjadi di Jalan Pantura Semarang-Kendal pagi tadi. Ternyata penyebab kemacetan tersebut karena ada pengerukan saluran air yang menutup sebagian jalan.
Informasi parahnya kemacetan di Jalan Pantura Semarang-Kendal itu bisa dilihat di akun Instagram @kejadiansmg. Dalam video itu terlihat penumpukan kendaraan yang hendak menuju arah Kendal.

Bahkan jalan untuk menuju Semarang juga dipenuhi kendaraan menuju Kendal. Akun tersebut menuliskan bahwa video diambil sekitar pukul 08.00 WIB.

 

Camat Tugu, Abdul Haris Nur Hidayat mengonfirmasi soal kemacetan dalam video tersebut. Dia mengatakan kemacetan terjadi di area sekitar RS Tugu hingga Kawasan Industri Wijayakusuma.

“Yang paling macet di depan rumah sakit Tugurejo, tapi kalau yang macet total itu baru tadi pagi,” kata Abdul Haris saat dimintai konfirmasi, Rabu (17/1/2024).

Dia menyebut kemacetan itu disebabkan karena adanya pengerukan saluran yang menutup sebagian jalan. Saluran yang dikeruk berada di dekat Kelurahan Randugarut, namun masih masuk wilayah Kecamatan Tugu.

“Itu di bawahnya ada saluran dan ini sedang diperbaiki, sedang dikeruk sehingga jalannya contraflow dan terjadi kemacetan panjang tadi pagi,” jelasnya.

Penampakan pengerukan saluran air di Jalan Pantura Semarang-Kendal, Kecamatan Tugu, Semarang, Rabu (17/1/2024) sore. Foto: dok. Kecamatan Tugu
Pengerukan saluran itu merupakan bagian dari peninggian jalan tersebut. Dia belum bisa memberi informasi mengenai kapan jalan tersebut akan selesai diperbaiki.

Dia juga menyebut kemacetan panjang hanya terjadi di jam-jam sibuk. Saat ini pihaknya juga masih memantau jalan di area tersebut.

“Karena tadi pagi jam kantor banyak warga yang ingin ke KIW jadi macet, kalau sore mungkin padat merayap ya banyaknya yang ke Semarang,” katanya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono