BATANG – Hujan lebat dan angin kencang dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Batang, menyebabkan pohon jati milik Perhutani tumbang dan melintang di Jalur Pantura, masuk wilayah Desa Penundan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.20 WIB yang mengakibatkan pohon jati menutup akses jalan pantura karena posisi yang melintang. “Iya, hari ini memang terjadi pohon tumbang disebabkan cuaca ekstrem dengan hujan lebat disertai angin kencang telah menyebabkan pohon tumbang yang menghalangi jalur pantura,” kata Kepala BPBD Batang Ulul Azmi saat ditemui di kantornya, Rabu (13/3/2024).

Dampak pohon tumbang adalah lalu lintas dari arah timur dan barat mengalami kemacetan yang lumayan sekitar 1 kilometer. Ia menyebutkan, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Pihaknya hanya mengupayakan untuk mengatasi situasi dengan bekerjasama supaya cepat ditangani.

“Pohon yang melintang dievakuasi untuk dipotong dan dibersihkan serta perbaikan kabel listrik yang tertimpa juga diperbaiki. Tim pun terlibat dalam penanganan kemacetan dengan mengurainya lalu mengalihkan arus lalu lintas,” terangnya.

Kondisi sekarang sudah teratasi berkat kerja keras semua tim yang terlibat yakni Perhutani Kendal, Polsek Limpung, PLN Gringsing dan BPBD Batang. “Dengan adanya kejadian ini dan masih berlangsungnya cuaca ektrem di Kabupaten Batang mohon tetap waspada kepada masyarakat agar kejadian serupa tidak terjadi kembali,” ujar dia.

sumber : suarabaru.com

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama