MAGELANG – Pada patroli skala besar pada Minggu dini hari (13/10), Polresta Magelang melakukan penertiban terhadap tujuh pasangan yang diduga melakukan tindak asusila. Mereka ditemukan di sejumlah penginapan dan dilakukan pembinaan oleh petugas polisi.

Patroli ini bertujuan menjaga keamanan wilayah dan menyasar sejumlah aktivitas ilegal dengan melibatkan ratusan personel. Seperti balap liar, miras, narkoba, premanisme, hingga antisipasi tawuran.

Kabagops Polresta Magelang Kompol Eko Mardiyanto mengutarakan, selain melakukan penertiban tujuh pasangan, dalam patroli itu polisi juga menangkap pelaku balap liar. “Ada sejumlah orang yang melakukan balap liar di Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Mertoyudan,” ujarnya.

Petugas mengamankan enam sepeda motor, dua mobil pick-up, dan lima STNK tapi tidak terkait dalam balap liar. Serta diamankan seorang remaja yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam) yang diduga melakukan tawuran.

Sebanyak 163 personel Polresta Magelang dan 170 personel polsek jajaran dikerahkan dalam operasi ini. Tim patroli dibagi menjadi dua, yaitu tim 1 bertugas di arah Muntilan, melalui rute Mako Polresta – Masjid An Nur – Lapangan drh Soepardi – Candi Mendut – Terminal Muntilan – dan kembali ke mako.

Sementara tim 2 bergerak menuju Mertoyudan melalui rute Mapolresta – Artos Mall – Metro Square – kembali ke mako. Eko mengapresiasi kerja keras seluruh personel yang terlibat dan menegaskan pentingnya sinergi untuk terus menjaga situasi kondusif.”Kami berusaha memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Operasi seperti ini akan terus kami lakukan secara rutin,” tegasnya.

Dengan adanya patroli ini, harapannya situasi keamanan di wilayah Kabupaten Magelang tetap terkendali dan masyarakat merasa lebih aman dalam beraktivitas. Terlebih, polresta terus berinovasi dalam pola patroli agar tidak mudah terpantau pelaku kejahatan.”Diharapkan seluruh personel selalu siap dalam melaksanakan dan menyukseskan seluruh upaya kita, termasuk patroli skala besar ini,” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Polres Magelang Kota, Sabtu malam (12/10). Ratusan personel polisi melakukan kegiatan patroli skala besar sebagai bagian dari pelaksanaan Operasi Mantap Praja Candi 2024 untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2024.

Dalam kegiatan ini, personel gabungan menyisir beberapa lokasi rawan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Patroli ini dilakukan untuk menunjukkan kehadiran aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.”Polres Magelang Kota akan selalu hadir dengan berpatroli untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif selama pelaksanaan tahapan pilkada,” ujar Kasi Humas Polres Magelang Kota Iptu Untung Harjanto.

Sumber : radarjogja.jawapos.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai