BeritaWawancara

Masih Uji Coba, Tol Atlantis Semarang-Demak Belum Dikenai Tarif

DEMAK — Tol Semarang-Demak Seksi 2 atau yang kerap disebut tol Atlantis telah mulai dibuka dengan status uji coba sejak Jumat (18/11/2022) hingga 2 Desember 2022 nanti. Selama masa uji coba itu, tarif tol atlantis Semarang-Demak tidak diberlakuan alias gratis.

Hal itu ditegaskan Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, Selasa (22/11/2022), yang mengaku tarif akan mulai diberlakukan setelah Tol Semarang-Demak diresmikan Presiden Joko Widodo. Kendati demikian, ia tidak bisa menyebutkan secara pasti kapan jadwal peresmian jalan tol sepanjang 16,31 kilometer (km) itu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“[tarif Tol atlantis Semarang-Demak mulai diberlakukan] Setelah diresmikan Presiden [Jokowi], menunggu jadwal beliau [Presiden],” tulis Danang melalui aplikasi Whatsapp (WA) , Selasa petang.

Dikutip dari akun Instagram @ppsemarangdemak, uji coba Tol Semarang Demak seksi 2 atau ruas Sayung-Demak diberlakukan mulai 18 November-2 Desember 2022. Selama uji coba, ruas tol ini dibuka dua arah melalui exit tol Kadilangu hingga exit tol Sayung mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Kendati selama uji coba pengguna tol atlantis Semarang-Demak tidak dikenai tarif, tol ini hanya boleh dilalui kendaraan roda empat, microbus, ambulans, dan kendaraan yang berstatus darurat. Dengan kata lain, kendaraan berat seperti truk maupun bus besar tidak diizinkan menggunakan tol tersebut.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat meninjau progres pembangunan Tol Semarang Demak Seksi 2, Minggu (13/11/2022), mengatakan pembukaan fungsional ruas tol tersebut sangat penting guna membantu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur pantai utara (Pantura). Terlebih, saat ini di jalur tersebut juga tengah dilakukan penggantian atau duplikasi Jembatan Wonokerto.

“Konstruksi sudah bagus, bisa dimaksimalkan untuk kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk. Supaya jangan terlalu macet jalan nasional Pantura sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman bpjt.pu.go.id.

Tol Semarang – Demak memiliki panjang 26,95 km yang dibangun dalam 2 seksi melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU), yakni Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 km menjadi porsi pemerintah (APBN) dengan kebutuhan biaya Rp10 triliun. Sementara Seksi 2 untuk ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 km porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Related Posts

1 of 1,541