Desember 3, 2022
Jawa Tengah
Berita

Melihat Lagi TKP Longsor Dusun Banjarnegara yang Tewaskan 125 Orang

Banjarnegara – Tragedi longsor di Dusun Jemblung, Banjarnegara menewaskan lebih dari 100 orang. Dusun ini bahkan nyaris hilang ditelan longsor. Seperti apa lokasinya kini?

Pantauan Rabu (5/10), lokasi longsor di Dusun Jemblung itu tepatnya berada di Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar. Lokasinya berada tepat di tepi jalan provinsi Banjarnegara dan Pekalongan atau Banjarnegara-Dieng.

Di kawasan tersebut kini dipasangi rambu-rambu rawan longsor. Tragedi di Dusun Jemblung itu terjadi pada 12 Desember 2014 silam, namun hingga saat ini masih terlihat mahkota longsor di area tebing.

Saat ini, titik teratas dari tebing yang sebelumnya longsor masih terlihat gundul. Kini tak ada lagi rumah warga di dusun tersebut.

Hanya terlihat tanaman albasia dan beberapa tanaman lainnya di lokasi. Selain itu ada juga tanaman jagung dan beberapa tanaman salak di lokasi. Saat ini hanya ditemukan beberapa rumah warga di seberang jalan di Dusun Jemblung.

“Sekarang tidak boleh digunakan lagi untuk rumah warga. Lokasi tersebut merupakan tempat konservasi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo, Rabu (5/10/2022).

Andri menyebut saat itu tebing setinggi lebih dari 100 meter dengan kemiringan sekitar 60 derajat itu longsor.

“Tinggi tebing lebih dari 100 meter dengan kemiringan lebih dari 60 derajat. Untuk luncuran tanahnya antara 800 meter sampai 1000 meter,” sebutnya.

Dari data BPBD tragedi di Dusun Jemblung pada 12 Desember 2014 itu, menewaskan 125 orang. Dari jumlah tersebut masih ada 23 orang yang dinyatakan hilang atau terkubur material tanah longsor.

“Jumlah total korban jiwa pada saat bencana tanah longsor di Dusun Jemblung pada 2014 lalu sebanyak 125 orang, dan yang berhasil ditemukan 102 orang. Jadi masih ada 23 orang yang hilang,” terang Andri.

Bencana alam ini tidak hanya mengubur warga di Dusun Jemblung, namun juga pengendara yang tengah melintas di sekitar lokasi kejadian. Sebab, lokasi tanah longsor itu berada di jalan provinsi Banjarnegara-Pekalongan atau Banjarngara-Dieng.

“Rata-rata korbannya adalah warga sekitar situ (Dusun Jemblung). Selain itu juga para pengendara yang sedang melintas,” terangnya.