BANJARNEGARA – Puluhan pemuda dari empat desa di Kabupaten Banjarnegara mendapatkan pelatihan pembuatan video pembelajaran dan potensi desa sebagai bagian dari upaya digitalisasi desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) pada 9-14 Agustus 2024.

Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PPSDM)-BPSD Kemendesa PDTT, Dr Fujiartanto mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD), Sub Komponen 2C.1 Pemanfaatan Akademi Desa Berkelanjutan Tahun 2024 Fasilitasi Pemanfaatan Akademi Desa Berkelanjutan.

“Untuk area Banjarnegara, kegiatan dilakukan di 2 Desa, yaitu di Balai Desa Sered dan Balai Desa Kebutuh Jurang dengan peserta dari 4 desa yaitu Desa Sered, Desa Pagelak, Desa Kebutuh Jurang dan Desa Pesangkalan,” katanya saat membuka pelatihan di Balai Desa Sered 9 Agustus 2024 lalu didampingi Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Hendro Cahyono.

Fujiartanto menyatakan di era ‘post truth’ dan digital saat ini, warga desa saatnya tidak hanya menjadi konsumen informasi saja.

Warga desa diharapkan dapat menjadi subyek dan produsen informasi yang membangun desanya.Selain media tulisan, saat ini memang populer media audio visual yang bisa didistribusi melalui berbagai platform media sosial.

“Untuk itulah kami memberikan pelatihan kepara kaum muda ini untuk memproduksi video pembelajaran berbasis potensi desa sehingga desa akan terangkat. Apalagi sekarang ini untuk memproduksinya bisa dilaksanakan mudah dan terjangkau menggunakan ponsel,” tandasnya.

Dijelaskannya nantinya hasil atau output dari pelatihan skill populer tersebut bisa diunggah antara lain di platform Online Video Platform (OVP) Kementerian Desa PDTT.

Kepala Desa Sered Yuanita Dyah Ratnawati mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Ia berharap pelatihan ini bisa ditindaklanjuti oleh warganya. Yang tak kalah penting pula katanya, pendampingan pasca pelatihan ini bisa terus dilaksanakan.

“Kami berharap ada pendampingan yang berlanjut sehingga ke depan pasca pelatihan ini ada dampak positif yang dirasakan desa dan masyarakat,” ujarnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo