Banyumas – Warga Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, dibuat gempar dengan adanya mobil yang nyasar ke area permakaman desa setempat. Bahkan, kejadian itu sempat dikait-kaitkan dengan hal mistis. Berikut fakta-fakta kejadian tersebut.

Viral di Medsos

Kejadian mobil nyasar ke kuburan viral usai diunggah di media sosial. Ada dua video yang menarasikan keanehan kejadian tersebut. Video pertama berdurasi 42 detik memperlihatkan kondisi mobil yang ada di tengah-tengah kuburan.

“Aneh tapi beneran ini. Ada mobil masuk kuburan Sidabowa. Aneh tapi temenan (betulan). Kejadian aneh,” kata pria perekam video tersebut, dikutip detikJateng, Jumat (26/7/2024).

Dalam video itu terlihat mobil Nissan Evalia dengan pelat nomor R 9021 GS berwarna silver. Terdapat tulisan ‘Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial PDM Banyumas Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto’ di bodi bagian kanan belakang.

Lalu video kedua yang tersebar berdurasi 52 detik. Dalam video ini menampilkan kondisi kemacetan yang timbul karena banyak pengendara yang penasaran dengan kejadian mobil di tengah-tengah makam.

Nyaris Masuk Sungai

Hadi Maryono (70), salah seorang warga yang rumahnya tepat berada di sebelah utara makam mengatakan peristiwa ini terjadi Jumat (26/7) sekitar pukul 02.25 WIB. Saat kejadian dirinya sedang berada di dalam rumah.

“Setengah 3 kurang 5 menit itu ada mobil kencang sekali. Langsung masuk kuburan,” kata Hadi kepada wartawan saat ditemui, Jumat (26/7/2024).

Hadi juga mengatakan, andai saja tidak terhalang pohon besar yang ada di kuburan, bisa jadi mobil itu akan meluncur ke sungai.

“Kalau tidak ada pohon besar itu bisa masuk ke sungai sana,” ucapnya.

Dikaitkan Hal Mistis

Kejadian ini tidak pelak membuat warga mengait-ngaitkan dengan hal-hal mistis. Terlebih, kejadiannya pada malam Jumat. Isu ini semakin menyebar usai banyaknya warga yang mengabadikan kejadian itu dan membagikannya lewat pesan berantai.

Ini seperti narasi yang ada dalam video berdurasi 52 detik yang sudah menyebar. Dalam video ini menampilkan kondisi kemacetan yang timbul karena banyak pengendara yang penasaran dengan kejadian mobil di tengah-tengah makam.

“Ada mobil masuk kuburan ini. Tahu-tahu sudah di tengah kuburan. Tuh tahu-tahu mobil di tengah kuburan, tadi malam, malam Jumat ini masuk, sekitar jam 2 an. Tuh mobilnya tuh. Ramai banget yang nonton. Macet, gara-gara mobil masuk kuburan,” ucap seseorang yang merekam video tersebut.

Penjelasan Polisi

Sementara itu Kapolsek Patikraja, AKP Azis Muslim memastikan kejadian ini tidak ada hubungannya dengan hal mistis. Ia menjelaskan mobil murni mengalami kecelakaan tunggal.

“Oh iya, betul itu kejadiannya. Tapi itu kecelakaan tunggal. Tidak ada kaitannya dengan hal mistis. Tadi saya langsung cek ke lokasi begitu dapat informasi,” kata Azis saat dimintai konfirmasi melalui telepon.

Sempat Timbulkan Kepadatan Lalin
Mobil berhasil dievakuasi dari tengah kuburan dengan ditarik kendaraan lain sekitar pukul 07.30 WIB. Proses evakuasi tersebut menjadi tontonan warga dan pengendara hingga menimbulkan kepadatan lalu lintas.

“Sopir dari Surabaya habis ambil bantuan ponpes di Desa Notog Patikraja. Kemudian jalan jarak jauh, itu tinggal 2 km dari rumah dia ngantuk dan dipaksakan. Karena memang ngantuk jadi bablas,” jelasnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut sopir dan seorang penumpang berinisial SM (40) selamat dan tidak mengalami luka-luka. Pada saat kejadian kondisi lalu lintas juga sepi.

sumber: detikjateng

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo