Banyuwangi – Menjelang Konferensi Asia Afrika 2024, Polri telah menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Puri Agung II 2024. Polresta Banyuwangi, sebagai salah satu wilayah yang beririsan langsung dengan Pulau Bali, tempat penyelenggaraan konferensi, turut melakukan berbagai langkah dan upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara tersebut.

Ratusan Polisi Bersiaga Di Kantor KPU Banyuwangi Salah satu langkah yang diambil adalah pelaksanaan Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) secara daring terkait Operasi Puri Agung II 2024 di ruang Command Center Polresta Banyuwangi, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol. Nanang Haryono, memimpin langsung kegiatan ini dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama pejabat utama di lokasi yang sama. Dalam arahannya, Nanag menekankan pentingnya kesiapan Polresta Banyuwangi dalam pengamanan.

“Oleh karenanya diperlukan persiapan yang matang, terencana dan terukur. Polresta Banyuwangi yang berdampingan langsung dengan Pulau Bali untuk Pengamanan giat Imbangan,” ujar Kombes Pol Nanang Haryono.

Sebelum menggelar personel pengamanan, Kapolresta juga menekankan pentingnya rapat koordinasi untuk mendapatkan gambaran situasi dan kondisi terkini.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Banyuwangi, Kompol Idham, menjelaskan bahwa semua pihak perlu memberikan dukungan dan partisipasi demi suksesnya operasi ini.

Polresta Banyuwangi akan melaksanakan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) bersama satuan wilayah Banyuwangi dengan dukungan dari TNI, instansi terkait, serta mitra kamtibmas lainnya. “Dalam operasi ini, Polresta Banyuwangi akan mengerahkan personel gabungan dan akan kita gelarkan peralatan yang mendukung,” ungkap kompol idham.

Kabag Ops juga menjelaskan bahwa tujuan Latpra Ops ini adalah untuk memberikan gambaran pengamanan Operasi Puri Agung II 2024 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung dengan penegakan hukum.

“Berkat sinergitas yang solid, Kamtibmas di Banyuwangi hingga saat ini relatif kondusif,” tutup Kompol Idham, optimis bahwa operasi ini akan berlangsung aman dan lancar. Sebelum operasi dilaksanakan, berbagai upaya telah dilakukan, termasuk kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

Kompol Idham berharap dengan kegiatan Latpra Ops dan rapat koordinasi ini, semua pihak dapat memiliki persepsi yang sama dan menyukseskan pelaksanaan Operasi Puri Agung II 2024.

Sumber : banyuwangi.viva.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono