Oktober 8, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Indepth Jelajah Wawancara

Menko PMK dan Menhub Cek Kesiapan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang

Semarang – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan gerbang Tol Kalikangkung di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/4/2022), dalam menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran 2022 ini.

“Terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H, S.St, M.K , Pangdam IV/Diponegoro, dan dinas terkait lainnya yang sudah menyiapkan mudik ini dengan sangat baik,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi.

Menurut dia, simulasi penanganan mudik sudah disampaikan, baik.melalui jalan tol, jalur Pantura, tengah, serta selatan.

Para pemudik, kata dia, juga akan diarahkan ke jalur-jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan di jalur utama.

Ia juga mengimbau pemudik untuk memanfaatkan jalur selatan yang sudah dibangun dengan baik, sehingga akan mengurangi beban di jalur tol.

Adapun Menhub Budi Karya Sumadi menambahkan berdasarkan hasil pemetaan, arus kendaraan saat di gerbang Tol Kalikangkung ini akan menjadi yang paling padat.

Puncak arus mudik, lanjut dia, diperkirakan akan terjadi pada 28, 29, serta 30 April 2022.

Oleh karena itu, ia mengimbau pemudik pulang kampung lebih awal, mulai 26 April 2022.

“Masyarakat yang di Jawa Tengah ingatkan saudaranya agar pulang lebih awal, maka jumlah pada puncak arus mudik akan berkurang,” demikian Menhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan dukungannya terhadap Korlantas Polri yang berencana melakukan sistem one way di jalan tol saat kondisi kritis mudik Lebaran 2022.

Budi mengatakan, puncak arus mudik diprediksi berada di tanggal 28, 29, dan 30 April. Kemungkinan saat itu juga akan terjadi kemacetan parah.

“Karena info tentang kritikal mudik 3 hari, 28-30 itu harus di-manage dengan suatu sistem dan cara yang baik. Saya bergembira sekali Bapak Korlantas sudah menunjukkan satu alat komando begitu bicara itu langsung jalan. Karena memang kita semua sudah berikan diskresi ke Pak Korlantas kapan ganjil genap itu mulai one way ataupun contra flow,” kata Budi di Jakarta, Sabtu (23/4).

Budi juga mengapresiasi langkah Korlantas yang telah melarang truk melintas saat mudik nanti, karena dikhawatirkan mengganggu kelancaran lau lintas.

“Sedangkan truk yang tiga sumbu sudah ditetapkan waktu-waktunya,” ujar Menhub.

Sebelumnya diberitakan, Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) Polri menyiapkan rencana aturan one way untuk mengantisipasi kemacetan. Selain saat arus mudik, satu jalur atau one way ini juga akan berlaku saat arus balik.

Lokasi pemberlakuan one way berada di ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Tol Kalikangkung yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 April-1 Mei 2022. Sementara, untuk arus balik one way akan diberlakukan pada ruas tol yang sama pada 6-8 Mei 2022.