Banyumas – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan perhatian khusus pada daerah-daerah dengan calon tunggal pada Pilkada 2024, seperti di Banyumas. Ia meminta aparat keamanan tetap waspada meski ada calon tunggal, karena politik selalu berkaitan dengan kepentingan dan kekuasaan.

“Jangan anggap calon tunggal berarti tidak ada konflik atau kerawanan. Tetap waspada, karena politik bisa memicu berbagai cara untuk mencapai kekuasaan,” kata Nana.

Nana menekankan bahwa kesatuan masyarakat di daerah dengan calon tunggal sangat diharapkan agar Pilkada berjalan lancar dan damai. Ia juga mengingatkan agar pelaksanaan Pilkada 2024 minimal bisa berjalan dengan baik seperti pemilu sebelumnya.

“Kalau masyarakat betul-betul menyatu, dan calon tunggal mampu menyatukan semuanya, itu yang kita harapkan. Saya harapkan kolaborasi antara semua pihak, agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar, seperti Pilpres, Pileg, dan DPD yang kemarin alhamdulillah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Banyumas adalah salah satu dari tiga daerah di Jawa Tengah yang hanya memiliki satu pasangan calon (paslon) pada Pilkada 2024. Paslon tersebut adalah Sadewo Tri Lastiono-Dwi Asih Lintarti.

Sadewo-Lintarti sudah diteapkan sebagai satu-satunya kandidat dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Banyumas 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas lewat rapat pleno tertutup pada Minggu (22/9/2024).

Setelah ini, tahapan selanjutnya adalah pengundian nomor urut yang akan dilaksanakan pada hari ini, Senin (23/9/2024). Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi kampanye damai satu hari setelahnya.

sumber: rri.co

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo