BREBES – Polda Jateng menilai jalur mudik di Brebes masih minim penerangan dan rambu lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Sonny Irawan saat melakukan pengecekan sejumlah jalur mudik Lebaran 2024 di Jalur Pantura Brebes, Selasa (19/3/2024).

Pengecekan dilakukan oleh Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda; Dirlantas, Kombes Pol Sonny Irawan; Kabid Humas, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, dan Dirsamapta, Kombes Pol Risto Samodra.

Baca juga: Polda Jateng Temukan 2 Titik Kerawanan Macet di Jalur Mudik Brebes dan Tegal

Pengecekan dimulai dari Jalur Pantura kemudian menuju Exit Tol Pejagan hingga Flyover Dermoleng di Kecamatan Ketanggungan.

Menurutnya, ia menemukan beberapa titik jalur yang masih minim penerangan dan rambu lalu lintas

Pihaknya telah berkoordinasi dan berkirim surat ke instansi terkait, seperti Balai Pusat Pelaksanaan Nasional (BPPJN), dinas perhubungan, ean Dinas PUPR Provinsi Jawa Tengah.

Harapannya penerangan, rambu lalu lintas, dan jalan rusak bisa ditangani sebelum April 2024.

“Kami juga sudah berkordinasi dengan BPPJN.

Semua jalan arteri di Pantura apabila ada kerusakan bisa segera diperbaiki dan 1 April 2024 sudah selesai semua,” jelasnya.

Dirlantas mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk mengatahui jalur mana saja yang digunakan untuk mudik di wilayah Jawa Tengah.

Rawan Kemacetan
Terutama untuk mengetahui lokasi yang memiliki tingkat kepadatan dan kemacetan yang tinggi.

“Untuk wilayah Kabupaten Brebes diprediksi titik trouble spot berada di jalur Exit Tol Pejagan sampai dengan perbatasan Slawi di Flyover Klonengan,” katanya.

Kombes Pol Sonny mengatakan, titik troble lainnya berada di Pertigaan Dermoleng Ketanggungan.

Sebab di area tersebut banyak pelaku UMKM dan ada SPBU.

“Hasil pengecekan ini nantinya menjadi panduan untuk personil yang diturunkan dan rekayasa lalu lintas apa yang harus dipersiapkan. Termasuk infrastruktur apa yang harus dimaksimalkan,” ujarnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono