Purbalingga – Peristiwa kecelakaan tunggal menimpa kendaraan Isuzu Elf sarat penumpang di jalan raya Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Mobil disebut mengalami rem blong hingga melaju tak terkendali dan menabrak sebuah rumah.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Purbalingga, Iptu Arif T, menjelaskan peristiwa ini terjadi pada Minggu (7/7/2024), sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu mobil Isuzu Elf bernomor polisi R 7310 SB melaju dari arah utara ke selatan dengan membawa penumpang 15 orang.

“Kendaraan dari obyek wisata D’Las Serang Karangreja dengan tujuan kembali ke rumah di Desa Kedungwuluh,” kata Arif melalui keterangan tertulisnya, Senin (8/7/2024) dini hari.

Sesampainya di lokasi, pengemudi berinisial MJ (55) warga Desa Kedungwuluh, Kecamatan Kalimanah diduga tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Kontur jalan menikung dan turunan tajam membuat kondisi rem blong.

“Dengan kondisi jalan menikung ke kiri dan turunan panjang diduga kendaraan (mengalami) rem tidak berfungsi (rem blong) dan pengemudi tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya,” terangnya.

Kondisi mobil Isuzu Elf sarat penumpang yang terguling dan menabrak rumah warga karena mengalami rem blong di jalan raya Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Minggu (7/7/2024) malam. Foto: Dok. Sat Lantas Polres Purbalingga

Dalam waktu bersamaan, di depan mobil Isuzu Elf terdapat kendaraan yang melaju satu arah. Karena jarak terlalu dekat sehingga pengemudi Elf membanting setir ke kanan hingga terguling.

“Pengemudi banting setir ke kanan kemudian oleng dan terguling. Terseret kurang lebih sekitar 5 meter dengan posisi sebelah kanan berada di bawah,” jelasnya.

Tak berhenti sampai di situ, karena berada di turunan, kendaraan terus melaju hingga mengakibatkan mobil tersebut menabrak rumah milik warga.

“Selanjutnya manabrak teras rumah milik Sudianto yang ada di sebelah barat jalan. Untuk penghuni rumah tersebut selamat semua,” ungkapnya.

Dari kejadian tersebut, sejumlah penumpang mengalami luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan sopir dalam kondisi selamat.

“Ada 5 penumpang mengalami luka retak dan lecet-lecet. 3 penumpang dilarikan ke PKU Muhammadiyah Bobotsari dan 2 penumpang dilarikan ke RSU Siaga Medika Purbalingga,” pungkasnya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia