SEMARANG – Rekayasa lalu lintas one way di ruas Jalan Tol Jakarta-Semarang berlanjut. Sebelumnya, one way dijadwalkan berakhir pada Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB. Namun, berdasarkan diskresi kepolisian dan data peningkatan volume kendaraan, one way diperpanjang hingga Senin (8/4) pukul 24.00 WIB.

“Hingga informasi ini diturunkan pada pukul 23.30 WIB, rekayasa lalu lintas yang masih diberlakukan yaitu rekayasa lalu lintas contraflow dua lajur di Km 47-Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Kemudian One Way dari Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan One Way lokal yang dimulai di Km 428 Jatingaleh Jalan Tol Semarang Seksi ABC sampai Km 442 GT Bawen Jalan Tol Semarang-Solo,” tulis Jasa Marga dalam keterangan resminya, Minggu (7/4/2024).

Menurut keterangan resmi dari Jasa Marga rekayasa lalu lintas yang masih diberlakukan adalah sebagai berikut ini.

Contraflow dua lajur di Km 47-Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.
One Way dari Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.
One Way lokal yang dimulai di Km 428 Jatingaleh Jalan Tol Semarang Seksi ABC sampai Km 442 GT Bawen Jalan Tol Semarang-Solo.

Jasa Marga menegaskan bahwa rekayasa lalu lintas selama masa mudik Lebaran bersifat situasional, sesuai dengan diskresi Kepolisian.

Demi kelancaran perjalanan, penting bagi pengguna jalan untuk tetap update dengan informasi terbaru dan mematuhi petunjuk dari petugas di lapangan.

Perpanjangan pemberlakuan one way di ruas Jalan Tol Jakarta-Semarang ini dilakukan sebagai upaya antisipatif terhadap peningkatan volume kendaraan yang diperkirakan akan terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran 2024.

Hal ini sejalan dengan prediksi pemerintah bahwa pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 berpotensi mencapai 193,6 juta orang, jauh lebih tinggi dibandingkan Lebaran 2023 yang hanya 123,8 juta orang.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono