November 30, 2022
Jawa Tengah
Berita Indepth Jelajah Wawancara

Operasi Zebra Candi 2022, Polres Batang Kedepankan ETLE Dalam Penindakan Pelanggaran

Batang – Kepolisian Resor Batang menggelar Operasi Zebra Candi Tahun 2022 dalam rangka membangun masyarakat tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas di Kabupaten Batang.

Kegiatan apel gelar pasukan operasi zebra diikuti personel gabungan dari Polres Batang, Kodim 0736/Batang, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Batang.

Operasi Zebra Candi yang digelar mulai 3 – 16 Oktober 2022 itu, lebih mengintensifkan edukasi tertib berlalu lintas dan meniadakan penilangan konvensional, namun penegakan hukum menggunakan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE).

“Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022, seluruh petugas tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas. Namun seluruh kegiatan mengedepankan cara edukatif, persuasif dan humanis, serta
teguran yang bersifat simpatik dalam rangka meningkatkan simpati dan kepercayaan masyarakat kepada Polri,” terang Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi , di Halaman Mapolres Batang, Rabu (5/10/2022).

Selain itu sosialisasi dengan memanfaatkan media online juga dioptimalkan agar pesan disiplin tertib berlalu lintas tersampaikan.

Ia menerangkan, selama tahun 2021 ada 605 kejadian kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah. Adapun di tahun 2020 hanya 380 kejadian.

“Jumlah korban jiwa selama Operasi Zebra Candi 2021 sebanyak 31 orang yang meningkat sebesar 19 persen, jika dibandingkan tahun 2020 sebanyak 26 orang,” bebernya.

Kabid Lalu lintas, Dinas Perhubungan Yustinus Gandi W. N menambahkan, sesuai arahan dari Kapolres, pihak Dishub akan lebih memaksimalkan sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat, agar taat hukum dalam berlalu lintas.

“Kalau pengendara mematuhi peraturan yang ada pasti sedikit demi sedikit angka kecelakaan di Kabupaten Batang bisa berkurang,” katanya.