Malang  – Memasuki masa kampanye Pilkada 2024, potensi pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan fatalitas kecelakaan bisa terjadi. Untuk itu, Polresta Malang Kota menggelar Operasi Zebra Semeru mulai 14 hingga 27 Oktober 2024.

Wakapolresta Malang Kota, AKBP Aditya Panji Anom mengatakan, kerawanan yang terjadi pada masa kampanye salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, seringkali simpatisan memikirikan euforia kampanye, namun mengesampingkan keselamatan diri.

“Maka untuk meminimalisir permasalahan itu dan meningkatkan kesadaran masyarakat di masa kampanye, maka kami melaksanakan operasi Zebra Semeru 2024,” katanya di sela apel gelar pasukan Operasu Zebra Semeru di halaman Mapolresta Malang Kota, Senin (14/10/2024) pagi.

Menurutnya, operasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi pada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk terib berlalu lintas demi terwujudnya kamseltibcar lantas.

“Operasi ini kami laksanakan dalam dua periode. Periode pertama mengedepankan pre emtif dan preventif. Sedangkan priode kedua represif berupa tilang ETLE dan tilang manual, kita hunting pada pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan fatalitas laka lantas,” ujarnya.

Selain petugas satlantas Polresta Malang Kota, operasi ini juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP dan Dishub. Pada anggota, ia berpesan agar melaksanakan edukasi khususnya pada generasi muda selama pelaksanaan operasi.

“Kedepenkan preventif dan pre emptif. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, serta hindari tindakan dan sikap yang menimbulkan kontradiktif, sehingga kedepankan langkah-langkah humanis sesuai sistem,” tandasnya.

Sumber : rri.co.id

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono