September 27, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Jelajah

Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022, Polantas Blora Gelar PSA

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Markas Komando Polres Blora Polda Jawa Tengah diserbu puluhan anak TK Kemala Bhayangkari Cabang Blora, Rabu, (02/03/2022).

Setidaknya 45 anak anak TK Bhayangkari didampingi oleh Kepala Sekolah Nina Triana, S.Pd dan guru pengajar serta pengurus Bhayangkari datang ke Mapolres Blora.

Selidik punya selidik, ternyata kedatangan anak anak TK tersebut adalah dalam rangka kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) Satlantas Polres Blora.

Kegiatan PSA ini merupakan program yang diusung Sat Lantas Polres Blora guna memberikan edukasi dan bimbingan kepada anak-anak TK / sederajat dalam berbagai aspek.

Selain disiplin berlalu lintas, kepada pelajar TK Bhayangkari juga disampaikan pula tentang tugas pokok Kepolisian. Dan tentunya tak lupa juga imbauan protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kedatangan anak anak TK Bhayangkari tersebut disambut oleh Kanit Kamsel Satlantas Blora Ipda Sigit Hari Wibowo, SH., MH. Setibanya di Mapolres, anak anak TK tersebut di berikan arahan dan diajak berkeliling untuk menyambangi ruangan ruangan kerja kepolisian serta sarana prasarana tugas seperti mobil patroli dan kendaraan dinas lainnya.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Edi Sukamto,SH,MH melalui Kanit Kamsel Ipda Sigit Hari Wibowo,SH,MH menjelaskan tujuan utama yang ingin dicapai dalam kegiatan ini yakni menghilangkan kesan negatif Polri melalui pendekatan yang baik serta dalam rangka sosialisasi operasi keselamatan lalu lintas Candi tahun 2022 Polres Blora.

“Salah satu tujuan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi adalah menekan perkembangan Covid-19 dan menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat. Untuk itulah kita gelar kegiatan ini dengan tujuan memberikan edukasi sedini mungkin kepada anak anak usia TK,” ucap Kanit Kamsel Satlantas Blora.

Perwira Muda Polri yang hobi olahraga Sepak Bola ini melanjutkan bahwa biasanya orang tua akan menakut-nakuti anaknya dengan kalimat awas ada Polisi atau jangan nakal nanti ditangkap Polisi. Image tersebut coba kita hilangkan melalui kegiatan sekarang ini,” tandasnya.

Kepada mereka disampaikan tentang tanda dan rambu lalu lintas di jalan dan artinya. Ini merupakan langkah edukatif melalui bimbingan dan pemahaman sejak dini akan pentingnya disiplin berlalu lintas.

“Dalam penyampaiannya tidaklah mudah. Bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, diselingi permainan dan nyanyian diharapkan mampu meningkatkan minat mereka akan materi yang disampaikan,” terangnya.

Untuk mendukung percepatan herd immunity, disampaikan kepada pelajar TK Bhayangkari untuk tidak takut divaksin dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam proses pembelajaran tatap muka maupun di luar kegiatan belajar.

Nina Triana, S.Pd Kepala Sekolah TK Bhayangkari mengapresiasi sambutan dan pembekalan materi yang diberikan oleh Satlantas Polres Blora. Dengan penyampaian sederhana dan diselingi lagu dan permainan anak anak jadi bisa memahaminya. “Penyampaian dari petugas mudah dimengerti. Alhamdulilah anak anak juga senang. Terima kasih kami ucapkan kepada Satlantas Blora,” kata Kepala Sekolah.