Oktober 8, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Pantau Objek Wisata dan Jalur Selatan Pemalang, Kapolres Kendarai Sepeda Motor Dinas

Pemalang – Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo bersama pejabat utama mengendarai sepeda motor dinas patroli ke jalur selatan Kabupaten Pemalang, arus balik pemudik dan arus lalu lintas kendaraan pengunjung yang memasuki objek wisata dipantau langsung untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalur selatan Kabupaten Pemalang, Kamis (5/5/2022).

Kapolres Pemalang mengatakan, dirinya menemui pengelola Objek Wisata Bukit Tangkeban di Kecamatan Pulosari, Rainbow Rafting dan Sungai Pikaco di Kecamatan Randudongkal, serta Curug Bengkawah di Kecamatan Belik.

“Dapat dipastikan, objek wisata yang kami pantau langsung telah menerapkan pembatasan pengunjung, sehingga tidak terjadi over capacity yang dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas dan potensi penularan Covid-19,” kata Kapolres.

Untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas, Kapolres Pemalang mengatakan, personil Polres Pemalang juga telah disiagakan, agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat mengunjungi Objek Wisata.

“Satbinmas Polres Pemalang bersama Bhabinkamtibmas juga ditugaskan untuk mengingatkan pentingnya protokol kesehatan pada pengunjung, imbauan disampaikan dengan menggunakan public address,” kata Kapolres.

Usai memantau Objek Wisata, Kapolres Pemalang memonitor arus balik di Pos Pengamanan (Pospam) Randudongkal, Pemalang.

“Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Polres Pemalang telah mempersiapkan tata kelola manajemen rekayasa lalu lintas, guna mengantisipasi puncak arus balik di jalur selatan Kabupaten Pemalang,” kata Kapolres.

“Diantaranya dengan mensiagakan tim urai selama 1×24 jam di Pospam Randudongkal Pemalang,” imbuh Kapolres.

Kapolres Pemalang mengungkapkan, Polres Pemalang juga memberlakukan sistem one way di jalur selatan, untuk mengantisipasi kepadatan arus balik yang melintas di Kecamatan Randudongkal.

“Kendaraan dari arah Pemalang dengan tujuan ke Kabupaten Tegal dan Kabupaten Purbalingga, saat melintas di Kecamatan Randudongkal, berlaku satu arah melewati jalan Budi Utomo,” kata Kapolres.

“Sedangkan dari arah sebaliknya, kendaraan dari arah Kabupaten Purbalingga berlaku satu arah melewati jalan Gatot Subroto,” imbuh Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pemalang mengimbau kepada pemudik yang akan melintas di jalur selatan Kabupaten Pemalang, agar selalu berhati-hati serta mengutamakan keselamatan di jalan.

“Apabila merasa lelah dan mengantuk, diharapkan para pemudik dapat memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak di sejumlah rest area yang telah tersedia,” kata Kapolres.