Oktober 4, 2022
Jawa Tengah
Berita Jelajah

Patroli Skala Besar Digelar untuk Mengantisipasi Kerawanan Malam Takbiran di Pemalang

Pemalang – TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Pemalang bakal menggelar patroli skala besar untuk mengantisipasi kerawanan kamtibmas pada malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriiyah.

Usai Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Malam Takbiran di halaman Mapolres Pemalang, Minggu (1/5/2022), Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, beberapa potensi kerawanan yang diantisipasi pada malam takbiran diantaranya, konvoi kendaraan yang dapat menimbulkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Juga kerawanan kamtibmas lainnya, seperti penggunaan petasan dan kembang api, yang dapat mengakibatkan kebakaran, perkelahian hingga tawuran,” kata Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pemalang juga mengimbau, agar warga Kabupaten Pemalang tidak menggelar takbir keliling, dan menggantinya dengan pelaksanaan takbiran di masjid dan mushola.

“Jajaran Polsek bersama Forkopimca se-Kabupaten Pemalang juga telah mensosialisasikan pada warga, bahwa takbir keliling ditiadakan dan diganti dengan takbiran di masjid dan mushola, sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan Kemenag RI, Gubernur Jateng serta Bupati Pemalang,” kata Kapolres.

Kapolres Pemalang mengatakan, pihaknya telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di Alun-alun Kabupaten Pemalang pada malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Kami akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas dan Contra flow, bila terjadi kepadatan lalu lintas,” kata Kapolres.