BATANG – Ratusan prajurit dari Kodim 0736/Batang dan Polres Batang bersama berbagai organisasi masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan aliran Sungai Sawah Sri di Desa Cepagan, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi ancaman banjir di wilayah tersebut menjelang musim penghujan.

Komandan Kodim Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman mengatakan, pembersihan sungai dilakukan sebagai langkah antisipasi saat intensitas hujan tinggi awal tahun 2024.

Ia mengapresiasi semangat dan kekompakan warga, TNI, dan Polri dalam membersihkan sungai yang ditumbuhi semak belukar dan tumpukan sampah.

“Proses pembersihan berlangsung cepat dan efisien, dengan hasil yang sudah terlihat dalam waktu beberapa jam. Yang sebelumnya merupakan sungai yang ditumbuhi semak belukar, kini tersaji bersih dan aliran airnya lancar,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan kerjasama yang kuat antara Kodim, Polres, dan masyarakat, pihaknya mampu menciptakan perubahan yang nyata untuk kebaikan lingkungan dan keselamatan warga setempat dari bahaya banjir.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi warga lainnya untuk peduli terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan sungai, karena sungai yang bersih dan lancar akan mengurangi potensi banjir yang bisa merugikan banyak pihak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cepagan Hery Kiswanto mengucapkan terima kasih kepada Kodim Batang yang telah menginisiasi kegiatan pembersihan sungai.

Ia mengatakan, sungai tersebut merupakan sumber air bagi warga Cepagan, namun kondisinya sudah sangat memprihatinkan akibat tumpukan sampah dan rumput yang berada di sungai.

“Sungai Sawah Sri ini, dulu airnya sangat jernih dan lancar, tetapi sekarang airnya keliatan kotor dan tidak lancar.

Jika tidak ada upaya pembersihan sampah dan rumput, air sungai berpotensi akan meluap dan menyebabkan banjir,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan pembersihan sungai bisa dilaksanakan setiap tahun. Pasalnya tumpukan sampah dan rumput yang berada di sungai sudah cukup parah.

Sehingga saat musim penghujan, sungai tidak mampu menampung debit air.

“Ketika intensitas hujan tinggi, air bah yang datang dari atas bisa meluap sampai ke jalan dan perkampungan warga, ini sangat membahayakan, apalagi banyak warga yang tinggal di bantaran sungai, makanya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI/Polri yang telah membantu kami membersihkan sungai,” pungkasnya.

 

Polres Batang, Kapolres Batang, AKBP Salafi Salamun, Pemkab Batang, Kabupaten Batang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng