BANYUWANGI – Antrean kendaraan terjadi di jalan sekitar Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Rabu, 10 Juli 2024. Kemacetan ini dipicu kapal pengangkut kendaraan dari Pelabuhan Tanjungwangi menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak bisa mengisi BBM. Akibatnya mengganggu aktivitas saat melakukan muat kendaraan.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Amar Hadi Susilo menyatakan, antrean panjang kendaraan terjadi di sekitar Pelabuhan Tanjungwangi hingga arah Desa Bangsring. “Disebabkan angkutan yang mau menuju ke Lombok tidak bisa masuk kapal,” jelasnya.

Saat ini di Pelabuhan Tanjungwangi ada dua kapal angkutan dengan tujuan Lombok. Namun dua kapal tersebut, menurutnya, tidak bisa mengisi bahan bakar. “Keterangan dari pihak yang bertanggung jawab, yakni pihak kapal. Entah kenapa penyebabnya, jadi tidak bisa mengisi bahan bakar,” terangnya.

Kondisi ini akhirnya memicu kendaran yang sudah ada di area parkir Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi tidak bisa masuk ke dalam kapal. Sehingga meluber ke jalan raya dan akhirnya menyebabkan kemacetan hingga berkilometer.

Dia menyebut, kondisi ini sudah terjadi selama dua hari ini. Karena kapal tidak bisa mengisi BBM dua kapal tersebut tidak bisa berlayar dan memuat kendaran yang mau menuju ke Lombok.

Para peserta Cipta dan Festival gending using menampilkan kemampuannya (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi)
Pemerintah Banyuwangi Gelar Cipta dan Festival Gending Using

“Sambil menunggu hasil koordinasi, kami mengimbau para pengendara yang akan menyeberang ke Lombok bisa mengunakan jalur alternatif melalui pulau Bali,” ujarnya.

Satlantas Polresta Banyuwangi sudah menerjunkan personel untuk melakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan. Saat ini jalur menuju ke kota Pelabuhan Tanjungwangi, Pelabuhan Ketapang dan Kota Banyuwangi tersendat. Kendaraan dari arah selatan atau dari Kota Banyuwangi yang menuju Situbondo dialihkan melewati Terminal Sritanjung.

Sumber : www.ngopibareng.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono