SOLO–Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menggelar Apel Tiga Pilar: Mewujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Megaland Hotel Solo, Purwosari, Kecamatan Laweyan, Rabu (29/5/2024).

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, beserta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang rencananya hendak menghadiri Apel Tiga Pilar itu batal hadir. Pantauan Solopos.com di lokasi Apel Tiga Pilar itu sekitar pukul 08.00 WIB hingga acara selesai sekitar pukul 09.15 WIB, tidak tampak keduanya hadir di lokasi acara.

Kepada Solopos.com, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi menyampaikan sebab ketidakhadiran Kapolda Jateng itu karena harus mendampingi Presiden Joko Widodo yang menyambangi Pekalongan saat ini.

“Seyogyanya Beliau (Kapolda Jateng) hadir di sini. Karena ada kunjungan Presiden untuk takziah ke kediaman Habib Luthfi, maka membatalkan agendanya di sini,” ungkap Kombes Pol Iwan Saktiadi saat ditemui Solopos.com, di lokasi acara, Rabu (29/5/2024) pagi.

Begitu pun dengan ketidakhadiran Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang pagi itu juga tidak hadir, menurut Iwan, karena memiliki agenda yang lainnya.

Kendati demikian, Apel Tiga Pilar tetap digelar dengan peserta yang hadir di situ ialah TNI dan Polri, serta jajaran Camat dan Lurah se-Solo.

Kombes Pol Iwan Saktiadi juga menjelaskan bahwa Apel Tiga Pilar pagi itu masih bagian dari rangkaian agenda yang digelar Polda Jateng. Tujuannya adalah mempersiapkan keamanan dan kenyamanan sebelum, saat, dan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah yang rencananya digelar November 2024 mendatang.

“Ini memang agenda beliau di seluruh kota/kabupaten (se-Jateng). Kaitannya adalah yang jelas beliau konsolidasi untuk mempersiapkan Pilkada 2024,” terang Iwan.

Lebih lanjut, kata Iwan, hal itu perlu dilakukan karena pengamanan Pilkada 2024 akan dilakukan oleh tiap-tiap kota/kabupaten se-Jateng dan tanpa pasukan bawah kendali operasi (BKO).

“Jadi ini murni beliau me-refresh, mengingatkan kembali kepada kami, TNI dan Polri, serta jajaran pemerintahan tingkat kecamatan dan lurah/desa agar mempersiapkan personel keamanan demi keberlangsungan Pilkada 2024 mendatang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kehadiran Presiden Jokowi dan Kapolda Jateng di Pekalongan siang itu dengan tujuan bertakziah atas meninggalnya istri Habib Luthfi bin Yahya, Syarifah Salma binti Hasyim.

sumber: solopos

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kompol Joko Lelono