BANYUWANGI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penyelesaian tahap pertama proyek jalan tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) pada akhir tahun 2024. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan perkembangan terbaru konstruksi Tol Probowangi tahap pertama, yang termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Tercatat, rata-rata progres tahap pertama dari Gending hingga Besuki telah mencapai 43,95%.

“Untuk tahap pertama yang terdiri dari tiga seksi dari Gending hingga Besuki, diharapkan konstruksinya akan rampung pada Desember 2024,” tulis manajemen BPJT dalam akun Instagramnya, Rabu (17/7). Konstruksi tiga seksi Tol Probowangi tahap pertama menunjukkan kemajuan yang signifikan. Seksi 1 dari Gending hingga Krakasan sepanjang 12,88 kilometer (km) telah mencapai 60,08%.

Kemudian, seksi 2 dari Krakasan hingga Paiton sepanjang 11,2 km mencapai progres 40,40%. Selanjutnya, seksi 3 dari Paiton hingga Besuki telah mencapai progres 31,38%. Dijelaskan pula bahwa Tol Probowangi akan memiliki tiga simpang susun (SS), yaitu SS Krakasan, SS Paiton, dan SS Besuki.

Selain itu, akan terdapat tiga gerbang tol (GT) di masing-masing simpang susun tersebut, yaitu GT Krakasan, GT Paiton, dan GT Besuki. Dengan rampungnya tahap pertama ruas Probolinggo – Besuki, waktu tempuh yang sebelumnya memakan waktu 1 jam 15 menit akan dipangkas menjadi hanya 30 menit, dengan kecepatan rata-rata berkendara antara 80-100 km/jam. Sementara itu, tahap kedua Tol Probowangi akan mencakup empat seksi, yaitu Seksi 4 Besuki – Situbondo (42,3 km), Seksi 5 Situbondo – Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus – Bajulmati (37,45 km), dan Seksi 7 Bajulmati – Ketapang (29,21 km).

“Tahap kedua yang mencakup ruas Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 km ditargetkan akan selesai setelah tahun 2024,” tambah BPJT.

sumber: Kontan.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono