BeritaJelajah

Pemkab Batang fokus menyasar ekspor produk UMKM ke Timur Tengah

BATANG Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, fokus menyasar tujuan ekspor produk usaha mikro kecil dan menengah serta industri daerah ini ke Timur Tengah, Amerika Serikat, dan sejumlah negara di Eropa.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto di Batang, Selasa, mengatakan bahwa negara-negara tersebut memiliki potensi sebagai pasar produk-produk UMKM maupun industri asal daerah ini.

“Kami melihat ada tren bagus tujuan ekspor produk UMKM dan industri ke sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat dengan melihat realisasi nilai ekspor tahun 2021 yang mencapai 50 juta dolar AS,” katanya.

Menurut dia, pascapandemi COVID-19 realisasi nilai ekspor produk usaha mikro kecil dan menengah serta Industri mulai mengalami tren kenaikan. Adapun produk yang diekspor didominasi produk olahan kayu, playwood, garmen, craft dan mainan.

Berdasarkan data, kata dia, realisasi ekspor pada 2022 sudah melampaui target yakni 65 juta dolar AS dari target 57,87 juta dolar AS.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Endang Rahmawati mengatakan para pelaku UMKM dan industri telah mencatatkan kinerja ekspor yang positif selama 2022.

“Hal tersebut dibuktikan dari realisasi nilai ekspor pada 2022 mampu mencapai 65 juta dolar AS atau mampu melampaui target yang ditetapkan sebesar 57,87 juta dolar AS,” katanya.

Menurut dia, realisasi nilai ekspor produk UMKM maupun industri pada 2021 sempat tidak mampu memenuhi target yang ditetapkan sebesar 56 juta dolar AS karena pada saat itu masih terjadi pandemi COVID-19.

“Realisasi nilai pada 2021 hanya mampu mencapai 50 juta dolar AS dari target yang ditetapkan 56 juta dolar AS. Akan tetapi, pada 2022 realisasi nilai ekspor mampu memenuhi target dan kami berharap pada 2023 produk UMKM dan industri bisa semakin diminati oleh pasar mancanegara,” katanya.

sumber; antara

#POLDA JATENG, #JATENG, #JAWA TENGAH, #HUMAS POLRI, #DIVHUMAS, #POLRI, #PRESISI, #KAPOLDA JATENG, #IRJEN POL AHMAD LUTHFI, #IQBAL ALQUDUSI, #BIDHUMAS POLDA JATENG, #POLRESTABES SEMARANG, #POLRES REMBANG, #POLRES DEMAK, #POLRES BANJARNEGARA, #PEMKAB BANJARNEGARA, #KABUPATEN BANJARNEGARA, #BANJARNEGARA

Related Posts

1 of 22,083