Desember 4, 2022
Jawa Tengah
Berita

Pemkab Demak Beri Bantuan Rumah Tak Layak Huni (RLTH) di 5 Kecamatan

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak berikan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 145 warga di 5 kecamatan Kabupaten Demak.

Penyerahaan bantuan tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Demak Eisti’anah dilaksanakan di Balai Desa Pamongan, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Selasa, (15/11/2022).

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan tersebut masyarakat setidaknya dapat membangun rumah yang layak dan sehat.

“Kami ini benar-benar ingin membantu panjenengan semua yang nanti rumahnya tidak layak huni nanti dibangun dengan gotong royong dari masyarakat tentunya,” kata Bupati usai memberikan bantuan RTLH, Selasa (15/11/2022).

Penyerahan secara simbolis Bupati Demak kepada para perwakilan penerima bantuan RTLH di Balai Desa Pamongan, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Selasa, (15/11/2022).

Dengan sejumlah 145 calon penerima bantuan RTLH tersebar di 46 desa di lima kecamatan, di antara di Kecamatan Guntur, Kecamatan Mranggen, Kecamatan Sayung, Kecamatan Karangawen, dan Kecamatan Karangtengah.

Bupati menginginkan bantuan tersebut bisa tepat sasaran dan tentunya membantu masyarakat lebih sejahtera dan lebih sehat.

Ia menjelaskan setiap penerima bantuan tersebut bukan sepenuhnya mendapatkan 15 juta.

“Perlu diketahui 15 juta nanti untuk panjenengan (penerima bantuan) tentunya ada biaya administrasi, namanya regulasi administrasi itu pasti ada tetapi tidak banyak,” jelasnya.

Lebih lanjut, Plt Kepala Dinperkim Amir Mahmud menuturkan para penerima bantuan mendapatkan total bantuan Rp 15 juta, untuk pengguna Rp 13 juta, pengadaan material Rp 1,6 juta, dan untuk tenaga Rp 400 ribu.

“Untuk administrasi. Selebihnya tidak ada pungutan apapun, anggaran itu pun di ambil dari APBD tahun 2022,” ujar Amir.

Dengan ada bantuan tersebut, ia meminta kepada para penerima bantuan bisa memaksimalkan bantuan yang diberikan

“Kami berpesan kepada penerima bantuan RTLH ini, agar bantuan ini betul-betul dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya yaitu untuk perbaikan rumah, jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang lain,” tutupnya.