HUMBAHAS – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) melalui Inspektorat Kabupaten Humbahas, melaksanakan sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) dan sosialisasi Pencegahan Korupsi Pemkab Humbahas, di Ruang Rapat Sekdakab, Perkantoran Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul, Jumat (9/8/2024).

Sosialisasi dibuka oleh Bupati Humbahas diwakili Asisten Administrasi Umum, Marsatti Tua Marbun.Dalam sambutannya, Marsatti Tua Marbun menyampaikan bahwa SPI merupakan upaya untuk memetakan risiko korupsi dan membangun upaya-upaya pencegahan korupsi.

Hasil SPI memiliki banyak manfaat baik bagi Pemkab Humbahas yang menjadi lokus survei, maupun publik secara umum.

Bagi Pemkab Humbahas sendiri, SPI 2023 memiliki manfaat antara lain, memberikan informasi capaian upaya pencegahan korupsi dan aktivitas anti korupsi yang sudah dilakukan, mengidentifikasi area prioritas perbaikan yang rentan terhadap korupsi, mendorong peran serta masyarakat dalam peningkatan integritas dan kepercayaan (trust) public, melihat kesiapan dalam pelaksanaan survei secara elektronik, baik dari sisi ketersediaan data populasi maupun pelaksanaan survei elektronik.

Diharapkan, peserta dan seluruh OPD yang mengikuti sosialisasi ini bisa mengikutinya dengan serius sehingga bisa berhasil guna dikemudian hari dan mampu meningkatkan kesadaran masing-masing dalam rangka pencegahan korupsi yang dimulai dari hal-hal kecil dalam diri sendiri.Sementara itu, dalam laporan Plt.

Inspektur Humbahas, De Zon Situmeang menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi SPI dan Anti Korupsi, antara lain sebagai sarana komunikasi partisipatif dalam pelaksanaan dan upaya peningkatan nilai survei penilaian integritas, memperkuat komitmen dan kerjasama inspektorat daerah dengan perangkat daerah sebagai mitra dalam upaya peningkatan internal kontrol dan manajemen risiko, serta memperkuat komitmen dan kerjasama inspektorat daerah dengan perangkat daerah dalam upaya pemberantasan dan pengendalian korupsi serta mengkomunikasikan risiko tertinggi yang harus dimitigasi.

Kegiatan ini dihadiri Kadis PMP2TSP, Rudolf Manalu, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Kadis Sosial, Frans Judika Pasaribu dan peserta lainnya dari OPD se-Kabupaten Humbahas.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan