HUMBAHAS – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Perkantoran Bupati Bukit Inspirasi, Sabtu, (1/6-2024).

Dengan Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, para peserta peringatan hari lahir Pancasila terlihat mengenakan Ulos Batak yang melambangkan Budaya dari tanah Batak yang berpedoman dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Tampil sebagai Inspektur Upacara Plh. Sekda Jaulim Simanullang dan sebagai Komandan Upacara Ipda Sahat Manalu yng di ikuti peserta upacara TNI/ Polri, Satpol PP/ Damkar/ Dishub, seluruh ASN, siswa dan mahasiswa, organisasi kemasyarakatan dan anggota pramuka.

Hadir pada Upacara peringatan HUT Forkopimda, Ketua DPRD Ramses Lumban gaol, Kapolres Humbahas diwakili Kabag Ops Humbahas Kompol Firman P., S.H, Dandim 0210/TU diwakili Pabung Humbahas Mayor Ojak Simarmata, Wakil Ketua TP. PKK Humbahas Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, Pimpinan OPD, Tokoh Adat/ Masyarakat, Tokoh Agama, Instansi vertikal BUMN/BUMD dan lainnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini di isi dengan Pembacaan Pancasila oleh Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban gaol dan Pembacaan Teks Pembukaan UUD Tahun 1945 oleh Anggota DPRD Daniel Banjarnahor.

Dalam sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi yang dibaca Inspektur Upacara, Plh. Sekda Jaulim Simanullang menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam Identitas Nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi mengajak agar Komponen Bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan Nilai-Nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Disampaikan juga bahwa sebagai ‘Leitstar Dinamis’ Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di Era Globalisasi Teknologi dan Informasi saat ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya oleh seluruh Tumpah Darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Dalam perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi Nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pungkas Jaulim.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu