September 27, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Indepth Jelajah Wawancara

Pemuda Muhammadiyah apresiasi kinerja Pemerintah dan Polri dalam penanganan Mudik dan arus balik lebaran 2022

Jakarta – Mudik tahun 2022 terasa begitu istimewa, lantaran selama pandemi dua tahun ini banyak yang akhirnya memilih menahan diri untuk tidak mudik kekampung halaman.

Akibatnya seperti banyak prediksi menjelang lebaran terjadi lonjakan penumpang moda transportasi umum maupun pemudik dengan kendaraan pribadi.

Namun sepatutnya kita semua bersyukur bahwa momen mudik lebaran tahun ini bisa berjalan dengan cukup lancar dan aman.

Bagi pemudik via jalur darat, keberadaan jalan tol sangat membantu kelancaran sekaligus kenyamanan berkendara. Kemacetan memang masih terjadi namun waktu tempuh pemudik menjadi terpangkas karena adanya jalan tol. Ini salah satu buah dari politik infrastruktur yang lakukan oleh Presiden Jokowi.

Keberhasilan menjaga keamanan dan kelancaran arus pemudik tahun ini juga tak lepas dari totalitas serta peran aktif pihak kepolisian dalam melakukan manajemen lalulintas.

Hal itu setidaknya tercermin dari instruksi Kapolri, yakni Jendral Listyo Sigit Prabowo kepada jajaran agar memastikan keamanan dan kesehatan para pemudik. Beragam upaya dilakukan, mulai dari percepatan vaksinasi dosis 3 untuk menjaga imunitas para pemudik hingga rangkaian rekayasa lalulintas seperti contraflow, one way serta beragam diskresi yang diperlukan.

Apresiasi mendalam untuk Kapolri yang memimpin langsung pengamanan mudik hingga arus balik, hingga dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Disisi yang lain apapun bentuk mitigasi, simulasi serta rekayasa lalu lintas rasanya tidak akan bisa optimal jika infrastrukturnya tidak ada, pada titik ini kita semua harus akui ketajaman visi pembangunan presiden jokowi.

Sumber : Sunanto
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah