Banyuwangi – Para pemudik dari Bali lewat Pelabuhan ASDP Ketapang terus berdatangan. Sejak H-7 Lebaran hingga pukul 12.00 Kamis (4/4), sudah 50.596 orang yang menyeberang ke Jawa.

Perinciannya, kendaraan roda dua sejak H-7 mencapai 8.160 unit dan roda empat 4.442 unit.

Kapal-kapal besar seperti KMP Jatra II penuh dengan muatan dari sisi Gilimanuk. Mayoritas pemudik menggunakan kendaraan roda dua.

Ada beberapa pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat pribadi, namun jumlahnya tidak sebanyak motor. Sisanya memilih mudik menggunakan kendaraan travel.

”Sempat antre satu jam sebelum bisa masuk ke kapal. Sudah lumayan ramai. Saya masuk pelabuhan jam setengah 8 pagi, jam setengah 9 baru masuk kapal,” ujar Riyanto, 25, salah seorang pemudik.

Pantauan awak media Banyuwangi, hampir di semua kapal yang menyeberang dari Bali memuat cukup banyak kendaraan roda dua.

Dari banyaknya barang bawaan para pengendara roda dua, mengidentifikasikan mereka sebagai pemudik. Banyak juga kendaraan travel yang sesak dengan penumpang.

Ditambah barang bawaan yang dikemas dalam kardus terikat di atas kendaraan travel.

Paeno, 52, pemudik lainnya mengatakan, dia memilih pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Paeno khawatir akan terjebak kemacetan jika pulang terlalu dekat dengan hari raya. ”Saya tutup dagangan lebih awal. Biar bisa cepat pulang kampung,” ujarnya.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Syamsudin mengatakan, sudah ada eskalasi peningkatan pemudik ke Pulau Jawa.

Mayoritas memilih menyeberang pada malam hingga pagi hari.

Untuk mempercepat pergeseran penumpang, semua kapal termasuk kapal besar diminta tetap memprioritaskan para pemudik.

”Kapal kami minta langsung beroperasi, termasuk empat kapal perbantuan. Puncak mudik diprediksi pada Sabtu dan Minggu nanti,” jelas Syamsudin. (saibumi)

sumber : radarbanyuwangi.jawapos.com

 

Polda Jatim, Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto, Kabidhumas Polda Jatim, Jawa Timur, Jatim, Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Kabupaten Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Blambangan