SEMARANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan 1.705 orang pemudik dari Semarang ke Jakarta pada Sabtu, 13 April 2024. Mereka pulang dari kampung halaman menggunakan jalur laut.

“Sebanyak 1.705 orang penumpang peserta mudik gratis dengan kapal, terdiri dari 1.281 penumpang dewasa, 284 anak-anak dan 140 balita,” kata Kasubdit Sistem Informasi, Sarana, dan Prasarana Angkutan Laut Kurniawan melalui keterangan tertulis, Minggu, 14 April 2024.

Kurniawan menjelaskan mereka semua berangkat menggunakan Kapal Penumpang KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semaran menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sebanyak 663 sepeda motor pemudik juga dibawa dalam kapal arah pulang tersebut.

Kurniawan mengaku senang melihat antusiasme masyarakat mengikuti program mudik gratis ini. Acara itu juga diketahui meminimalisir risiko kecelakaan di jalan.

“Alhamdulillah hingga hari ini, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut mendapat respon sangat positif dari masyarakat. Hal ini tentunya sangat membantu masyarakat guna menghindari risiko kecelakaan di jalan raya, sambil memberikan kesempatan kepada pemudik untuk istirahat di dalam kapal,” ucap Kurniawan.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono