Ungaran – Memasuki H-3 perayaan Idul Fitri 1445 H, volume kendaraan yang masuk di wilayah Kabupaten Semarang semakin meningkat.

Bahkan dari kemarin Sabtu (6/4) siang arus lalu lintas di beberapa titik mengalami kemacetan panjang.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Semarang, kendaraan dari arah Jabodetabek mulai memadati ruas Tol Semarang-Solo sejak siang menjelang sore hari.

Bahkan hasil dari estafet one way dari Jabodetabek hingga GT Kalikangkung, Semarang, sejumlah dampak muncul di jalur konvensional Kabupaten Semarang.

Bupati Semarang, Polres Semarang, beserta jajaran Forkompimda juga melakukan pemantauan di sejumlah rest area yang ada di wilayah Kabupaten Semarang.

Diantaranya Rest Area KM 429A, Rest Area Fungsional KM 439A, Rest Area KM 456 A dan B, serta dilanjutkan ke Rest Area milik Pemprov Jateng yakni Rest Area KM 444.

“Kami dari Pemkab Semarang berkolaborasi dengan instansi terkait berkomitmen untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2024. Diantaranya dengan mengarahkan pemudik untuk keluar tol terlebih dahulu jika rest area ini penuh,” katanya.

Terlebih lagi di sepanjang wilayah di Kabupaten Semarang terdapat banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik. Termasuk banyak posko pengamanan yang juga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

“Yang terpenting selalu hati-hati dan selamat sampai tujuan. Jika lelah beristirahat, karena di Kabupaten Semarang banyak sekali posko yang disediakan diluar ruas tol dan rest area,” jelasnya.

Disisi lain, Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra mengatakan bahwa secara umum intensitas kendaraan pemudik yang masuk di wilayah Kabupaten Semarang ini mulai meningkat dibandingkan hari kemarin.

Terlebih lagi saat ini sudah diberlakukan one way dari arah Jabodetabek mulai dari kemarin.

“Biasanya kalau ada ketersendatan di rest area ini adalah waktu masuk shalat, makan, serta mengisi bahan bakar,” paparnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono