Magelang – Sebanyak 4.138 personel gabungan TNI, Polri, dan instansi lainnya dikerahkan untuk pengamanan kunjungan Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, beserta rombongan anggota Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Operasi pengamanan mulai berlangsung hari ini hingga 27 Oktober 2024.
Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen Zainul Bahar, mengatakan pengamanan wilayah dalam rangka VVIP untuk Presiden RI Prabowo Subianto dilaksanakan mulai hari ini kegiatan tanggal 23 sampai nanti tanggal 27 Oktober.

“Kami melakukan gelar pasukan ini dalam rangka untuk mengecek kesiapan seluruh sarana prasarana, personel, materiel, dan sebagainya. Kami mengerahkan sekitar 4.138 personel, semua beserta cadangannya,” kata Zainul kepada wartawan di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Rabu (23/10/2024).

“Jadi semua instansi, institusi semua terkait, ya mudah-mudahan bisa lancar. Termasuk dari media nanti ada dari tim media sendiri yang akan menjelaskan tentang rangkaian kegiatan. Saya hanya menjelaskan tentang pengamanan ini,” katanya.

Untuk kedatangan Prabowo menuju Magelang, pihaknya mengatakan belum bisa memastikan waktunya.

“Sampai ini belum mengetahui, belum ada jadwal. Memang rundown sudah ada, tapi untuk beliau (Presiden) belum kita pastikan naik apa nanti ke sini,” sambung Zainul yang juga Komandan Satuan Pengamanan wilayah dalam rangka VVIP untuk Presiden RI.

“Hari ini mulai loading untuk perlengkapan. Ya perlengkapan dari beliau-beliau dari Kementerian, dari Wamen sudah mulai. (Kedatangan hari ini) Belum, mulai besok (Kamis),” kata dia.

Saat disinggung perihal kedatangan para istri anggota Kabinet Merah Putih, katanya, sampai saat ini belum ada.

“Mudah-mudahan ibu-ibu tidak ada, fokus untuk bapak. Sampai saat ini belum ada karena ini kegiatan ini sangat-sangat dinamis menyesuaikan yang ada di Jakarta. Kami belum bisa (menyampaikan) hal ini, nanti dari medianya saja karena semua bisa berubah,” kata Zainul.

Saat disinggung Prabowo dari Lanud Adisutjipto menuju Magelang, kata dia, semua jalur dipersiapkan. Baik itu jalur darat maupun jalur udara naik helikopter.

“Semua kita siapkan. Dari darat disiapkan, heli kita siapkan,” pungkasnya.

Rute yang Dilalui dari Jogja
Berikut rencana pengamanan jalur yang bakal dilewati rombongan Presiden, Wakil Presiden, beserta Kabinet Merah Putih dari Lanud Adisutjipto Jogja menuju Akmil Magelang.

“Ditlantas Polda DIY berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Jateng untuk pengamanan rute dan tentu parkir yang kita siapkan di Akmil,” kata Dirlantas Polda DIY Kombes Alfian Nurrizal usai gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan presiden di Lapangan Rindam IV/Diponegoro, Rabu (23/10/2024).

Alfian mengatakan, personil yang dilibatkan sebanyak 290 orang dari Ditlantas Polda DIY beserta jajaran Satlantas.

“(Bandara Lanud Adisutjipto Jogja) Untuk landing daripada pesawat Kabinet Merah Putih, Kamis (24/10). Setelah itu lanjut ke arah Akmil,” sambung Alfian.

Akan ada dua pesawat yang mendarat di Bandara Lanud Adisutjipto. Pesawat yang membawa perlengkapan dijadwalkan mendarat hari ini

“Hari ini ada bagasi (tiba), Rabu (23/10) kita lakukan pengawalan. Untuk orang atau Kabinet Merah Putih itu (landing) Kamis (24/10),” ujar Alfian.

Dari Bandara Lanud Adi Sutjipto, rombongan akan menuju Jalan Ring Road Utara.

“Pertigaan Maguwo melewati Perempatan UPN, Concat (Condongcatur), Kentungan, underpass, Monjali (Monumen Jogja Kembali), belok kanan melewati flyover Jombor. Setelah itu melewati Denggung dan Beran. Sampai persimpangan Tempel, lepas di perbatasan antara DIY dengan Jawa Tengah,” kata Alfian.

Sarana pengawalan, kata Alfian, melibatkan 25 unit roda dua dan 30 unit roda empat.

“Kita sudah lakukan kegiatan gladi dari pertama dan kedua. Hari ini akan kita lakukan CB (cara bertindak) di beberapa rute yang kita lewati dan antisipasi kegiatan yang berubah,” katanya.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Sonny Irawan menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dirlantas Polda DIY.

“Ada tiga atau empat alternatif jalur yang kita persiapkan. Apapun nanti yang diputuskan oleh Paspampres kita siap melakukan pengamanan pengawalan,” kata Sonny.

“Untuk perlakukan ataupun kegiatan pengamanan arus lalu lintas tentunya berjalan normal seperti biasa. Mungkin nanti yang akan dilintasi pejabat VVIP itu akan kita rekayasa lalu lintas,” imbuhnya.

Sumber : detik.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai