SEMARANG – Personel tambahan disiagakan Polda Jateng di sejumlah tempat wisata yang mulai dipadati pemudik pada H+1 Lebaran, Kamis (11/4).

Sesuai prediksi, hari kedua Lebaran dimanfaatkan pemudik dan masyarakat untuk berwisata di sejumlah destinasi.

Pengamanan Operasi Ketupat Candi 2024 pun diarahkan ke tempat-tempat wisata.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, mengatakan, personel tambahan dikerahkan di tempat-tempat wisata, untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas, termasuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

“Dengan penambahan personel gabungan, pengamanan di kawasan ramai dan padat semakin mantap, sehingga gangguan Kamtibmas di lokasi wisata bisa diantisipasi,” kata Satake.

Dia juga mengingatkan masyarakat dan pemudik berhati-hati dalam perjalanan, serta waspada bila sudah berada di tempat wisata yang ramai.

Dengan banyaknya pengunjung, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, kawasan wisata diprediksi macet dan rawan kriminalitas yang memanfaatkan kelengahan pengunjung.

“Masyarakat hendaknya tetap waspada, perlu memahami rute-rute alternatif. Dalam hal kriminalitas, gangguan kamtibmas dan kriminalitas bisa saja meningkat, karena pengunjung lengah. Jadi, tetap waspada,” pinta Satake

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono