November 27, 2022
Jawa Tengah
Berita

Pengendara Banyak Langgar Batas Kecepatan saat Tol Semarang-Demak Masih Uji Coba

DEMAK – Tol Semarang-Demak Seksi II atau yang kerap disebut tol Atlantis memang telah dibuka sejak Jumat (18/11/2022) dengan status uji coba. Kendati demikian, selama jalan bebas hambatan sepanjang 16,31 km itu dibuka masih ditemukan pengguna jalan atau pengendara yang bersikap ugal-ugalan dengan melanggar batas kecepatan yang telah ditetapkan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT PP Semarang-Demak, Siswantono, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (23/11/2022). Siswantono mengaku pihaknya telah memasang rambu-rambu batas kecepatan di sepanjang tol Semarang-Demak Seksi II yang saat ini masih taraf uji coba. Kecepatan maksimal yang ditetapkan saat melintasi tol tersebut adalah 40 km per jam. Kendati demikian, banyak pengendara yang bersifat acuh dan cenderung melaju dengan batas kecepatan yang melebihi batas.

“Kalau untuk catatan tersendiri, kami yang agak khawatir itu pengendara kecepatan tinggi dalam tol,” kata Siswantono.

Siswantono pun mengaku melaju dengan kecepatan melebihi 40 km per jam sangat tidak disarankan. Hal itu dikarenakan Tol Semarang-Demak Seksi II atau yang kerap disebut tol Atlantis itu masih dalam taraf uji coba dengan sejumlah material pekerjaan yang belum selesai.

“Karena tol ini belum selesai, masih ada pengerjaan. Jadi pengaman itu agak sering diterjang [pengendara]. Maanya, kadang ditemukan ada [kendaraan] yang mengalami ban bocor,” jelasnya.

Siswantono pun mengimbau agar para pengendara lebih hati-hati dan tetap mematuhi rambu-rambu yang telah dipasang saat melintas di Tol Semarang-Demak Seksi II atau tol Atlantis. Hal itu dikarenakan kondisi jalan tol yang belum sepenuhnya selesai dan bisa dioperasikan.

“Mohon hati-hati dan menjaga batas kecepatan di 40 km per jam. Cek juga kendaraan agar tak mengalami mogok atau ban bocaor. Soalnya kalau sampai terjadi, kami belum sepenuhnya bisa membantu karena peralatan derek dan lainnya masih fungsional,” sarannya.

Kendati demikian, Siswantono menilai Tol Semarang-Demak Seksi II atau tol Atlantis itu sukses mengurai kemacetan lalu lintas di jalur pantura. Apalagi, saat ini Jembatan Wonokerto di Demak juga telah dibuka sehingga tidak ada pemandangan antrean kendaraan yang mengular.

Tol Semarang-Demak Seksi II atau tol Atlantis ini diujicobakan selama dua pekan, yakni mulai 18 November hingga 2 Desember 2022. Selama masa uji coba, pengendara yang ingin melewati jalur tol ini pun tidak dikenai tarif alias gratis.