MAGELANG – Nama Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mencuat dalam bursa kandidat Calon Gubernur (Cagub) Jateng pada gelaran Pilgub 2024. Setidaknya dalam masa Lebaran banyak orang menyebut nama Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam bursa Pilgub Jateng, bahkan mendapat dukungan dari sejumlah kalangan di Jawa Tengah.

Termasuk dari kalangan pengusaha yang dengan terbuka menyatakan dukungan terhadap orang nomor satu di Polda Jawa Tengah itu untuk maju dalam Pilgub Jateng. Salah satunya pengusaha muda asal Magelang, Damar Prasetyono yang secara bulat dan terbuka mendukung Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk mencalonkan menjadi Gubernur Jawa Tengah periode 2024-2029.

Menurut pengusaha muda yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi dan bangunan ini, Irjen Pol Luthfi adalah sosok yang dekat dengan rakyat dan layak maju pada Pilgub, November 2024 mendatang.

“Saya sangat mendukung Bapak Irjen Pol Luthfi maju menjadi Gubernur Jawa Tengah, pada Pilkada nanti,” ujarnya dalam keterangan persnya, Senin (22/4).

Dia menjelaskan, dengan pengalaman memahami Jawa Tengah baik kondisi pemerintahan maupun masyarakatnya, Irjan Pol Luthfi tidak diragukan lagi untuk menjalankan roda pemerintahan. Hal itu dapat terbukti, selama kurang lebih 4 tahun memimpin di Kepolisian Daerah, Luthfi mampu membuat kondisi wilayah Jawa Tengah selalu dalam situasi kondusif, aman, dan terkendali.

“Beliau itu pejabat juga sangat dekat dengan rakyat Jawa Tengah dan memahami betul kondisi dan permasalahan yang ada di daerahnya. Pada diri beliau saya melihat spirit of leadership yang kuat, serta memiliki popularitas dan kapabilitas sebagai Gubernur Jawa Tengah,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebelum menjabat sebagai Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi pernah menduduki beberapa jabatan strategis pada institusi Kepolisian di Jawa Tengah. Tahun 2010 pernah menjabat sebagai Kapolres Batang, kemudian Wadir Intelkam Polda Jateng selama satu tahun.

Selanjutnya Ahmad Luthfi dipercaya sebagai Wakapolresta Solo, kemudian tahun 2015, diangkat menjadi Kapolresta Solo. Berikutnya menempuh pendidikan tinggi di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Pria kelahiran 22 November 1966 itu memiliki keahlian dan berpengalaman di bidang intelijen.

Diketahui, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi akan memasuki masa pensiun dari dinas kepolisian tahun 2024 ini. Seiring dengan dinamika kontestasi Pilgub Jateng, muncul dukungan dari berbagai kalangan untuk dia maju sebagai Gubernur Jawa Tengah.

sumber: suaramerdeka

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Suryadi, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kompol Joko Lelono, AKBP Hary Ardianto, AKBP Bronto Budiyono