Oktober 8, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Jelajah

Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak Belum Terdeteksi di Demak

DEMAK – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menyerang 1.247 ekor sapi ternak di Jawa Timur pada beberapa waktu lalu.

Penyakit ternak ini beresiko tinggi penularannya kepada hewan ternak seperti Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba.

Hingga saat ini, penyakit tersebut masih belum terdeteksi di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Hal itu, telah dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Dyah Purwatiningsih saat dikonfirmasi oleh Tribunjateng.com.

“Hingga saat ini masih belum ada laporan terkait penyakit mulut dan kuku atau PMK yang menyerang hewan ternak di Demak,” ucapnya, Kamis (12/5/2022).

Namun, dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, telah menyiapkan beberapa skema untuk mencegah hingga mengatasi apabila penyakit tersebut masuk ke Demak.

“Dinas sudah ada langkah-langkah, Usai mendapatkan konfirmasi di Jatim. Ada beberapa hal yang sudah kita laksanakan dari hari Senin Kemarin,” katanya.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait pengendalian virus PMK tersebut.

Selain pembentukan tim teknis, ia juga berkolaborasi dengan OPD terkait.

“Kita akan adakan rapat koordinasi lintas sektoral, dengan Polres Demak, Dandim, Dishub untuk mengawasi lalu lintas ternak dan juga Dinas Koperasi Demak terkait pengawasan pada pasar hewan,” urainya.

Untuk menunjang hal itu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi secara masif juga melakukan monitoring terhadap peternakan hewan di Demak.

Ia juga mengimbau kepada para peternak untuk memahami gejala-gejala PMK. Apabila menunjukan gejala ia mengimbau untuk lapor ke Call Center.

“Gejalanya seperti demam tingi, airliur yang menetes dan berbusa, napas pada hewan ternak cepat, sulit atau tidak mau makan karena dimulutnya ada seperti sariawan,” ungkapnya.

Selain itu, kaki pada hewan gemetar hingga sulit berdiri juga ditemukannya luka lepuh dilidah dan mukosa rongga mulut, ambing dan tercak.

Kepincangan saat hewan berjalan juga bisa menjadi ciri-ciri hingga luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku.

“Apabila menemukan tanda-tanda tersebut, hubungi Call Center penanganan PMK Kabupaten Demak, 082232001767 atau Puskesmas Dempet,” tuturnya.