SALATIGA – Seorang perempuan yang diduga menjadi pengedar uang palsu ditangkap warga dan pedagang di Pasar Raya Salatiga. Penangkapan ini berawal dari kecurigaan seorang pedagang buah, setelah menerima uang dari pelaku. Plh Kasi Humas Polres Salatiga Ipda Sutopo mengatakan, pelaku berinisial TN (48), adalah warga Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

“Kejadian tersebut berlangsung Jumat, 12 Juli sekitar pukul 08.30 di los pedagang buah,” ujar Sutopo saat dihubungi, Minggu (14/7/2024).

Awalnya, pelaku datang ke pedagang buah dan membeli jeruk Rp 30.000, dan membayar dengan uang Rp 100.000. Sindikat Prostitusi Anak Dibongkar, Enam Orang Jadi Korban Artikel Kompas.id

“Setelah menyerahkan kembalian Rp 70.000, korban merasa curiga karena uang tersebut kusam dan tintanya luntur,” kata Sutopo.

“Saat uang kembalian diminta, pelaku mencoba melarikan diri, namun oleh warga dikerumuni dan diamankan.” “Kemudian petugas keamanan pasar menghubungi Polres Salatiga untuk melaporkan peristiwa tersebut,” kata dia.

Sutopo mengungkapkan, saat penggeledahan, ditemukan lembaran lain yang diduga sebagai uang palsu. Selain itu, petugas juga mengamankan sepeda motor Honda Beat yang digunakan pelaku untuk beraksi, tas warna hitam, serta barang belanjaan berupa buah, daging, dan sembako. Barang bukti yang disita antara lain uang Rp 4.075.300 kembalian dari pembelian barang di pasar. Lalu, 25 lembar pecahan Rp 50.000 yang tidak identik dengan uang asli.

“Selain itu juga empat lembar Rp 100.000 yang diduga juga palsu. Pelaku sempat mencoba membuang uang palsu di toilet Pasar Raya, saat perjalanan dari SPKT ke ruang Unit III Satreskrim Polres Salatiga,” kata Sutopo.

“Sementara uang yang diduga palsu yang didapatkan dari pedagang ada enam lembar Rp 100.000.” “Untuk terduga pelaku saat ini sedang dimintai keterangan oleh penyidik untuk mengungkap jaringannya,” sebut Sutopo.

sumber: Kompas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia