Oktober 7, 2022
Jawa Tengah
Berita Current Issue Headlines Indepth Jelajah Wawancara

PERMIKOMNAS Apresiasi Pemerintah dan Kapolri Perihal Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

Jakarta – PERMIKOMNAS mengapresiasi pelaksanaan manajemen arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 yang dikelola Pemerintah dan Polri. Keberhasilan Pembangunan pada era pemerintahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan langkah strategis Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam menangani arus mudik sangat luar biasa.

Kebijakan-kebijakan Polri terkait arus mudik dan balik pada Lebaran 2022 berhasil mengantisipasi potensi kemacetan parah yang sempat dikhawatirkan publik. Kinerja jajaran Polri dibawah kepemimpinan Bapak Kapolri memang membanggakan dan patut di acungi jempol.

“Arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini terlihat tertib walaupun antusias warga untuk mudik sangat besar sekali, mengingat 2 Lebaran kebelakang tidak diperkenankan mudik karena pandemi. Pembangunan infrastruktur yang memadai dan pengaturan lalu lintas yang optimal telah mampu menjawab keresahan masyarakat yang takut arus mudik dan arus balik tahun 2022 ini tidak lancar” Pungkas Khusniyati – Ketua Umum PERMIKOMNAS (Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional)

PERMIKOMNAS sangat mengapresiasi terkait inisiatif Polri yang mendorong pemberian vaksinasi booster bagi para pemudik. Langkah ini cukup efektif karena warga yang hendak mudik bisa mendapatkan layanan vaksinasi booster dengan mudah, di sisi lain langkah ini mampu melindungi keluarga pemudik di kampung halaman dari ancaman penyebaran Covid-19. Terlebih euforia masyarakat yang dua tahun terakhir dilarang mudik untuk kembali ke kampung halaman sangat tinggi. Bahkan dari awal pemerintah memprediksi jika ada sekitar 85 juta warga di perantauan yang akan berlebaran di kampung halaman masing-masing.

“Skema rekayasa lalu lintas sangat berhasil dalam mengurai kemacetan dan kepadatan, serta kebijakan ganjil genap, lawan arus (contraflow) dan One Way (satu arah) yang membuat kepadatan jalan raya menjadi berkurang. Mudik diperkiraan akan kacau karena kepadatan kendaraan tapi ternyata keadaan mengatakan sebaliknya. Terimakasih Pak Presiden Jokowi dan Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., atas kerja kerasnya” imbuh Khusniyati

Dibawah kepemimpinan Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., berbagai strategi pun dilakukan Polri, hingga kekhawatiran masyarakat terkait akan adanya deadlock lalu lintas pun tidak terjadi. Ketersediaan infrastruktur yang memadai berkat kinerja Bapak Presiden Jokowi yang telah mempersiapkan infrastruktur transportasi yang sangat baik, sehingga memberikan efek luar biasa bagi masyarakat luas. Dimana manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat, pemudik juga merasakan kemudahan dan kelancaran dalam malaksanakan perjalanan dengan pembangunan infrastruktur yang masif, membuat arus mudik dan balik lebaran tahun ini lancar. Untuk itu PERMIKOMNAS sangat mengapresiasi Pemerintah dan Polri terkait arus mudik dan arus balik tahun 2022.